Home / Nasional / News / Tni-Polri

Jumat, 28 Januari 2022 - 15:51 WIB

Gambarkan Pelayanan Polri, Pengamat Kepolisian Luncurkan Buku Wajah Polisi Presisi

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta – Pengamat Kepolisian Dr. Edi Saputra Hasibuan, S.H., M.H., meluncurkan buku berjudul Wajah Polisi Presisi.

Acara peluncuran Buku Wajah Polisi Presisi dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang diwakilkan oleh Irwasum Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Dalam sambutan Dr. Edi Saputra Hasibuan, S.H., M.H. mengatakan bahwa buku yang berisi Program Presisi Kapolri di luncurkan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman di tengah masyarakat.

“Buku ini berisi bagaimana Program Presisi Kapolri selama ini diterapkan oleh seluruh jajaran Polri mulai dari Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri dalam meningkatkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman di tengah masyarakat,” jelasnya, Jumat (28/1/22)

Dr. Edi Saputra Hasibuan, S.H., M.H menyampaikan, buku itu dibuat berdasarkan hasil riset lapangan banyak inovasi dan prestasi yang dilakukan jajaran Polri untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan atau dikenal dengan sebutan Presisi.

Beberapa inovasi yang dibuat oleh Polri antara lain tilang elektronik (ETLE) di jalan raya, aplikasi pengawasan anggota Polri (Propam Presisi), pelayanan SIM daring (Sinar), Samsat Digital Nasional (Signals) dan pengaduan (Dumas Presisi).

Pengamat Kepolisian tersebut juga menjelaskan, selain terus berinovasi dengan pelayanan berbasis aplikasi, masyarakat juga merasakan kehadiran Polri dalam memberikan perlindungan saat pandemi Covid-19.

“Kami melihat dukungan dan peran serta Polri sebagai garda terdepan bersama TNI dan pemerintah daerah banyak diapresiasi. Saat ini target pemerintah dalam gerakan vaksinasi di seluruh Indonesia berhasil melebih 70 persen. Sungguh luar biasa,” jelas Dr. Edi Saputra Hasibuan, S.H., M.H.

Hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) dan Cyrus Network menyebutkan, pada tahun 2021, tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Polri berada di atas 86 persen meskipun tidak sedikit muncul sorotan dan kritikan kinerja Polri. Selama tahun 2021, Polri terus berbenah, tidak antikritik dan Polri sangat terbuka mendapat masukan masyarakat untuk mewujudkan Polri yang presisi.

“Buku ini sangat bagus untuk bahan edukasi bagi masyarakat dan bisa menjadi motivasi seluruh jajaran Polri,” jelas Pengamat Kepolisian tersebut.(tbn*)

Share :

Baca Juga

Berita

Penerimaan Akper Kesdam IM Banda Aceh Kembali Dibuka, “Segera Daftar Kuota Terbatas!”

Daerah

Pangdam Iskandar Muda Pimpin Acara Syukuran HUT ke-65 Kodam IM

Tni-Polri

Polisi Tahan Empat Pelaku Pengeroyokan dan Pengrusakan Kantor KONI Aceh Timur

Aceh

DPR Aceh Sahkan KUA dan PPAS 2026, Prioritaskan Pembangunan Berkelanjutan

Aceh

Gubernur Aceh Temui Menkop Fery Joko Julianto; Koperasi Harus Ditempatkan Sebagai Prioritas Utama, Kesejahteraan Dan Perekonomian Masyarakat Aceh.

Daerah

UPTD Statistik Beri Bimbing Literasi Keuangan Bagi MBKM Statistik MIPA USK

Tni-Polri

Kelanjutan Proses Perehapan Masjid Baiturrahim Hari Ke tujuh belas

Nasional

Bandara Jenderal Besar Soedirman Layani lagi Penerbangan Komersial