Home / Parlementarial

Kamis, 14 April 2022 - 22:16 WIB

Komisi III DPRA Gelar Rapat Kerja dengan Mitra Pasca Dana Otsus Berkurang

REDAKSI - Penulis Berita

BANDA ACEH – Komisi III DPRA yang membidangi masalah Keuangan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengelar rapat kerja dengan mitra kerjanya di ruang rapat Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Banda Aceh, Kamis (14/02/2022).

“Rapat kerja Komisi III dengan mitra kerja hari ini, terkait pemetaan potensi pendapatan Aceh, pasca menurunnya penerimaan dana Otsus,” kata Ketua Komisi III DPRA Khairil Syahril.

Khairil menjelaskan, pada tahun ini pagu APBA masih besar, yaitu sekitar Rp 16 triliun lebih. Mulai tahun depan, penerimaan dana otonomi khusus (Otsus) tinggal 1 persen, dari sebelumnya 2 persen yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional. Sedangkan nilai dana Otsus sebesar 1 persen dari DAU Nasional itu, sekitar Rp 3,5 triliun yang sebelumnya lebih dari Rp 7 triliun.

“Akibat pengurangan dana Otsus tersebut, akan memberikan imbas terhadap besaran belanja publik sangat turun drastis,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Khairil mengatakan, perlu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencari sumber penerimaan pendapatan baru pengganti penurunan dana Otsus itu.

“Dalam rapat kerja hari ini, sengaja kita mengundang mitra kerja kita, mungkin mereka sudah ada solusi atau mungkin sudah membuat peta potensi pendapatan Aceh yang baru dan dapat menaikkan kontribusi penerimaan PAA untuk APBA,” pungkasnya.

Acara tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bamus DPRA, dengan mengundang Kankanwil Ditjen Pajak Aceh, Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Aceh, Kadis ESDM Aceh, BPMA, DPMPTSP, Biro Ekonomi, Biro Hukum, Inspektorat dan Dinas terkait. (Parlementaria)

Share :

Baca Juga

Parlementarial

Pj Gubernur Dengarkan Pendapat Banggar atas Pertanggungjawaban APBA 2022

Parlementarial

Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Gubernur Aceh Terhadap Pendapat Badan Anggaran DPRA

Parlementarial

Wakil Ketua DPRA Lakukan Reses Tahap II Dengan Forum Mukim

Parlementarial

Penduduk Miskin di Aceh Turun 0,22 Persen, DPRA Apresiasi Pemerintah Aceh

Parlementarial

DPRA Tolak Stadion Harapan Bangsa Dirobohkan untuk PON

Parlementarial

TRK Buka Sosialisasi Draft Perubahan UUPA di Kabupaten Aceh Jaya

Parlementarial

Aramiko: Calon Kepala Daerah di Aceh Wajib Punya Komitmen Berantas Judi Online dan Narkoba

Parlementarial

Anggota DPR Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Langkahan