Home / News

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:16 WIB

Terkait Penangkapan Kasus Narkotika di Abdya, YARA Menilai Penyuluhan Narkoba Tidak Efektif

REDAKSI - Penulis Berita

Kepala YARA Abdya, Suhaimi N, SH

Kepala YARA Abdya, Suhaimi N, SH

Aceh Barat Daya – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sesalkan penyuluhan Hukum dan Narkoba yang dilakukan oleh Pemerintah Desa yang difasilitasi LP2ED dengan menggunakan Dana Desa. Rabu, (29/6/2022)

Kepala YARA Abdya, Suhaimi N, SH mengatakan, ini miris, Abdya benar-benar darurat Narkoba. Baru berselang beberapa hari diadakan penyuluhan Narkoba oleh Pemdes dan LP2ED, malah pemuda Abdya tertangkap memiliki Narkotika jenis ganja.

“Hanya berselang beberapa hari usai penyuluhan itu, salah seorang pemuda asal Kabupaten Abdya berisinial AVY (22) ditangkap Polisi bersama dengan 26 paket ganja kering siap edar,” sebut Suhaimi.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan uang desa itu kurang tepat sasaran. Karena, peserta yang mengikuti kegiatan itu hanya perwakilan yang diutuskan dari desanya masing-masing.

“Ya tidak efektif, alangkah baiknya jika kegiatan penyuluhan seperti itu dilaksanakan di desa. Jadi selain aparatur desa, warga juga bisa mengikuti kegiatan tersebut, sehingga mereka bisa mengerti dan mengetahui sebab dan akibat jika menyalahgunakan narkoba,” ujar Suhaimi.

Selanjutnya dikatakan, kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan uang Negara, seharusnya bisa berdampak Positif bagi masyarakat. Setidaknya, bisa menurunkan angka penyalahgunaan dan kepemilikan barang haram tersebut.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi yang diperoleh YARA Abdya, perwakilan desa yang diutus untuk mengikuti kegiatan tersebut diduga tidak menyampaikan apa yang diperolehnya saat sosialisasi tersebut kepada masyarakat desa.

Kepala YARA Abdya juga berharap, agar warga Kabupaten Abdya bisa menghindari penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, karena hal itu merupakan tindakan pidana.

“Kepada utusan desa yang mengikuti sosialisasi hukum dan narkoba, dia meminta agar apa yang telah disampaikan oleh penyuluh dapat diaplikasikan ke masyarakat,” pungkasnya. (RED)

Share :

Baca Juga

News

SPS Se-Indonesia Berkumpul Di Medan, Adakan Kongres Pemilihan Ketua Umum Baru

Daerah

Kemenag Usul Syarat Tambahan Bagi Calon Pengantin

Daerah

Gerak Cepat Disnakertransmobduk,Berikan Kegiatan Pelatihan Keterampilan Kepada 20 Orang Pencari Kerja

Daerah

Lagi, 4 Narapidana High Risk Dipindahkan ke Nusakambangan

Nasional

Dicopot Dari Kapolres Jaksel, Kombes Budi : Ini Ujian

Daerah

Kasus Dugaan Pencurian Berhasil Di Ungkap Polres Bener Meriah Gelar Konferensi Pers

Nasional

Dukung Penanganan C-19, Lapas Kelas IIB Tondano Ikuti Arahan Sekjen Kemenkumham

Daerah

Aminullah Terima Award Tokoh Pemberantas Rentenir dari Harian Rakyat Aceh