Home / Pemerintah

Rabu, 28 Desember 2022 - 04:48 WIB

Jampidum Setujui Tiga Perkara Dihentikan lewat Restorative Justice

REDAKSI - Penulis Berita

sumber|Foto: InfoPublik. Puspenkum, (dok)

sumber|Foto: InfoPublik. Puspenkum, (dok)

KSINews, Jakarta – Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum), Fadil Zumhana, kembali menyetujui tiga permohonan penghentian penuntutan perkara berdasarkan keadilan restoratif atau restorative justice.

“Adapun tiga berkas perkara yang dihentikan penuntutannya berdasarkan keadilan restoratif,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Rabu (28/12/22).

Alasan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif ini diberikan antara lain, para tersangka baru pertama kali melakukan perbuatan pidana/belum pernah dihukum.

Ancaman pidana denda atau penjara tidak lebih dari lima tahun. Kemudian telah dilaksanakan proses perdamaian dimana tersangka telah meminta maaf dan korban sudah memberikan permohonan maaf.

Tersangka juga telah berjanji tidak akan lagi mengulangi perbuatannya. Proses perdamaian pun dilakukan secara sukarela, dengan musyawarah untuk mufakat, tanpa tekanan, paksaan dan intimidasi.

Baca Juga :  Kang Emil Menyerahkan Fasilitasi Disperindag Jabar Bagi Petani Milenial dan IKM

Selanjutnya, tersangka dan korban setuju untuk tidak melanjutkan permasalahan ke persidangan karena tidak akan membawa manfaat yang lebih besar. Termasuk pertimbangan sosiologis, dan masyarakat merespon positif.

Adapun tiga berkas perkara yang dihentikan yakni:

1. Tersangka I Sonang bin (alm) Abdurrahman, tersangka II Salman bin (alm) Aminullah, tersangka III Yusmi Tando bin (alm) Muslim dan tersangka IV Anto bin Hamdani dari Kejaksaan Negeri Aceh Singkil yang disangka melanggar Pasal 335 Ayat (1) jo. Pasal 310 jo. Pasal 55 KUHP tentang Pengancaman.

2. Tersangka I Rasuliddin ML bin (alm) Salim, tersangka II Miftahuddin S bin (alm) Abdurrahman S, tersangka III Amansyah bin Jamulia dan tersangka IV Hardi Muajirin bin Jumalim dari Kejaksaan Negeri Aceh Singkil yang disangka melanggar Pasal 335 Ayat (1) jo. Pasal 310 jo. Pasal 55 KUHP tentang Pengancaman.

Baca Juga :  Peran Penting Generasi Muda untuk Menyambut Indonesia Emas 2045

3. Tersangka Kelvin Firmany Morza Firdaus dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur yang disangka melanggar Pasal 480 ke-1 KUHP tentang Penadahan.

Selanjutnya, JAM Pidum memerintahkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri untuk menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) berdasarkan keadilan restoratif.

Hal ini berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 dan Surat Edaran JAM Pidum Nomor: 01/E/EJP/02/2022 tanggal 10 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif sebagai perwujudan kepastian hukum.**

Editor: Dima/Atin

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Lantik Pj Wali Kota Langsa, Achmad Marzuki: Jaga Harmoni dan Kekompakan Dalam Bangun Daerah

Pemerintah

10 Alat Inovasi TTG Aceh Besar Akan Dipamerkan

Pemerintah

Bebas Dari Otoritas Thailand, Gubernur Aceh Bantu Dua ABK Pulang ke Aceh

Pemerintah

Pemkab Aceh Barat Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke – 94

Pemerintah

Penangangan Wabah PMK Kian Membaik, 44.414 Ternak Warga Disembuhkan

Pemerintah

Kadivmin Dwi Harnanto Tinjau UPT di Wilayah Sanggau

Pemerintah

39 WBP Rutan Kelas IIB Dumai Terima Remisi Natal

Pemerintah

Jawa Barat Hibahkan Sistem Merit Kepegawaian kepada Pemkab Sijunjung