Home / Advertorial

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:43 WIB

Air Terjun 7 Tingkat Aceh Selatan, Tempat Pemandian Sang Putri Naga

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews – Kabupaten Aceh Selatan menawarkan sejumlah pesona keindahan yang tak kalah dari daerah lain di Provinsi Aceh.  Salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Tingkat.

Wisata alam ini merupakan destinasi yang patut Anda kunjungi saat berada di Kabupaten berjuluk Kota Naga ini.

Air terjun ini berlokasi di Gampong Batu Itam, atau hanya berjarak 5 Km dari Kota Tapaktuan ke arah Kota Subulussalam – Medan, Sumatera Utara.

Suasana alamnya sangat asri dengan air yang sejuk dan dikelilingi hutan yang lebat dan terjaga baik.

Konon, katanya dulu di sini adalah tempat pemandian Sang Putri Naga (Putri Bungsu) yang merupakan sebuah Mahakarya Naga Jantan.

Air terjun tingkat tujuh di Kabupaten Aceh Selatan.(Foto: IST)

Menuju ke lokasi air terjun tersebut, kita harus melalui perkampungan masyarakat dan melakukan pendakian sekitar 1 km.

Namun, jangan kawatir. Saat ini pemerintah setempat sudah membangun jalan dengan aspal semen hingga ke lokasi tujuan. Sehingga bisa membawa kenderaan roda empat dan cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5000,-.

Baca Juga :  Wisata Religi, Mengunjungi Masjid Tua Bersejarah di Aceh Besar

Dari atas pergunungan Batu Itam tersebut, mata kita bisa segarkan dengan pemandangan yang indah Teluk Katuang dengan laut yang biru. Katuan dalam bahasa daerah Jamee (Aceh Selatan) berarti Penyu.

Sebab, daerah ini dulunya menjadi tempat bertelurnya para Penyu. Sayang, sekarang sudah teramat jarang ditemukan.

Sedangkan air terjun tujuh tingkat ini kita bisa melepaskan lelah dengan mandi di kolam. Dimana, di setiap tingkatnya terdapat kolam yang bisa untuk mandi.

Mandi di bawah air terjun ini badan kita serasa di urut atau dipijit. Sehingga bisa melepas penat atau kelelahan setelah capek berkeliling Tapaktuan.

Hanya saja, bagi setiap pengunjung hanya bisa menikmari keindahan air terjun ini hingga tingkat ke lima saja. Untuk menuju tingkat ke enam, harus dilakukan dengan ektra hati-hati karena harus mendaki perbukitan yang juram dan cadas.

Sedangkan jika ingin ke tingkat ke  tujuh, harus menyusuri sungai jauh ke dalam hutan, setelah itu baru menemukan air terjun yang paling tinggi dari pada yang ada sebelumnya.

Baca Juga :  Desa Wisata Iboih dan Aneuk Laot Masuk 75 Besar Dari 4573 Desa Peserta ADWI di Seluruh Indonesia

Bila, belum puas bermandi ria di air terjun tujuh tingkat, silahkan menuju tempat pemandian Ie Sijuk (air dingin) Panjupian. Pemandian ini terletak di Gampong Panjupian yang berjarak 7 Kilometer dari Tapaktuan ke arah Subulussalam – Medan. Pemandian ini merupakan pemandian air pegunungan asli yang langsung keluar dari mata airnya.

Dari informasi yang diterima, air dari pemandian Panjupian ini mengandung Kalsium Karbonat (CaCO3) tapi aman bagi tubuh. Suhu airnya sejuk sekitar 15 drajat Celsius.

Karenanya, bagi yang gak tahan dingin, hendaknya tidak usah mandi lama-lama, dikhawatirkan bisa sakit. Meskipun, pada dasarnya, air yang mengandung CaCO3 ini merupakan obat Asam Lambung.

Sungguh mengasikan bukan. Mari manjakan diri untuk kembali menjelajahi Tapaktuan, negeri penuh legenda. Ayo jelajahi nusantara.[ADV]

Share :

Baca Juga

Advertorial

Khazanah Piasan Nanggroe 2023 Resmi Diluncurkan

Advertorial

Ziarah Sembari Belajar Sejarah ke Makam Teuku Umar

Advertorial

Buka Puasa Sambil Menikmati Pemandangan Krueng Aceh di River Walk Peunayong

Advertorial

PT.PIM Meraih Penghargaan INDONESIA TOP DIGITAL PUBLIK RELATION AWARD 2022

Advertorial

Terus Berlanjut, Capaian Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Aceh Kini Mencapai 94.210

Advertorial

Wisata di Aceh Singkil Curi Perhatian

Advertorial

Buka Pembelajaran Kelas Jauh di Aceh Selatan, Kadisdik Arungi Sungai Kluet

Advertorial

Tour de Aceh 2023 Diikuti Atlet Mancanegara