Home / Aceh Besar

Kamis, 6 Juni 2024 - 23:57 WIB

Kepala Bappeda Aceh Besar Terima Tim FEB USK

REDAKSI - Penulis Berita

Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati menerima cinderamata dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (06/06/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati menerima cinderamata dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (06/06/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

KOTA JANTHO – Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd MSi menerima kunjungan tim Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK), yang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (06/06/2024).

Pengabdian yang mengusung tema “Revitalisasi Strategi Pemberdyaan BUMG Bidang Manajemen dan Bisnis Berkelanjutan di Kabupaten Aceh Besar” itu dibuka oleh Pj Bupati Aceh Besar yang diwakili Kepala Bappeda Rahmawati.

Wanita itu mengaku bangga dan mengapresiasi Jurusan Manajemen FEB USK yang telah memilih Aceh Besar sebagai lokasi pengabdian. Konon lgi kini Pemkab Aceh Besar sendiri sedang mendorong kemajuan BUMG.

“Ini merupakan suatu kebetulan yang sangat positif kontekstual, karena di saat Aceh Besar sedang mendorong kemajuan BUMG di gampong, sehingga pengabdian itu secara langsung akan sangat mendorong kemajuan BUMG. Semoga degan adanya kolaborasi ini akan meningkatkan pengetahuan para pengelola BUMG,” harap Rahma.

Baca Juga :  Sekda Aceh BesarBuka Musprov Perdana Feskushi Aceh 

Sementara Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK Prof Mukhlis Yunus menyampaikan bahwa peran BUMG sangat strategis dalam meningkatkan skala ekonomi masyarakat gampong. Aceh Besar mempunyai sejumlah sumber daya yang dapat dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Gampong maupun yang sedang diinisiasi menjadi BUMDes Bersama.

“Untuk memastikan bahwa pengembangan sumber daya tersebut dapat berkembang, harus dilakukan studi kelayakan, pendampingan dan konsultasi yang intens. Dalam konteks ini, FEB siap melakukan studi kelayakan, menjadi pendamping dan konsultan jika memang diperlukan,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran di Meunasah Intan KBJ

Senada dengan itu, Kabid Pemberdayaan Usaha dan Ekonomi Masyarakat DPMG Aceh Besar, Ikhsan menjelaskan tentang arah kebijakan pemberdayaan ekonomi gampong melalui BUMG, yaitu pengembangan secara tematik, fokus pada usaha produktif dan inovatif, dijalankan secara kolaborasi, dan pendampingan secara berkelanjutan.

“Kita senang sekali jika Fakultas Ekonomi Bisnis mau melakukan ini di Aceh Besar, apalagi pendampingan terhadap BUMG ini masih sangat terbatas dilakukan oleh pemerintah daerah karena berbagai faktor,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Besar yang diwakili Kabid Pemberdayaan Usaha dan Ekonomi Masyarakat Ikhsan SE, serta para Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (**)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Lakukan Berbagai Upaya Atasi Hama Wereng

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Terima Penghargaan dari Kemenkumham Wilayah Aceh

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar dan ISBI Aceh Tuan Rumah Kongres Peradaban Aceh II

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Lantik 19 Pejabat Administrator dan Pengawas

Aceh Besar

Seluruh Fraksi DPRK Aceh Besar Sepakati Qanun Pertanggungjawaban APBK 2023

Aceh Besar

Kaum Milinial Kuta Malaka Bersatu Dukung Adun Mukhlis Jadi Bupati Aceh Besar

Aceh Besar

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Aceh Besar Gelar Donor Darah

Aceh Besar

Tarian Massal dan Drum Band HUT ke-79 RI Pukau Ribuan Warga Kota Jantho