Home / Aceh Besar

Kamis, 12 September 2024 - 09:09 WIB

Pj Bupati Iswanto Buka Pertandingan Cabor Kurash PON XXI Aceh-Sumut

REDAKSI - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat membuka secara resmi cabang olahraga Kurash pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang dilangsungkan di Gedung Hall A JSC Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (11/09/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat membuka secara resmi cabang olahraga Kurash pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang dilangsungkan di Gedung Hall A JSC Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (11/09/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM secara resmi membuka pertandingan cabang olahraga Kurash pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang dilangsungkan di Gedung Hall A Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (11/09/2024).

Dalam acara pembukaan tersebut, Muhammad Iswanto mengungkapkan harapannya agar cabang olahraga Kurash bisa menghasilkan atlet berprestasi di tingkat daerah dan nasional. Tentunya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan masyarakat Kabupaten Aceh Besar menyambut baik kedatangan para Atlet, Pelatih, Oficial cabor Kurash di Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar.

“Komitmen penuh dari kami untuk memberikan pelayanan terbaik dan semaksimal mungkin baik selama dan sesudah kompetisi,” katanya.

Lebih lanjut, kata Iswanto, setelah pertandingan, nikmatilah keindahan alam Aceh Besar khususnya di Kota Jantho ini yang masih sejuk dan asri.

“Selain itu, juga nikmatilah kuliner dengan khasnya Aceh Besar yang barangkali bisa membuat saudara-saudara rindu untuk kembali ke Aceh setelah nanti selesai event ini dan kembali ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Kemudian, Muhammad Iswanto mengucapkan selamat bertanding dan raih prestasi setinggi-tingginya dengan selalu mengedepankan fair play dan semangat sportivitas yang tinggi. Harumkan nama daerah dan Negara dengan prestasi terbaik dan menjadi kebanggan nasional.

Baca Juga :  Wakili Pj Bupati, Asisten II Sekda Aceh Besar Hadiri Peringatan Hari Veteran ke-75 di Banda Aceh

“Melalui event ini mari kita junjung tinggi persaudaraan diantara seluruh anak bangsa, sehingga pelaksaan event PON dapat menjadi arena untuk mempererat persaudaraan anak bangsa,” ucap Iswanto.

Muhammad Iswanto mengimbau kepada para penonton dan masyarakat untuk mematuhi aturan yang ada demi keselamatan bersama.

“Mari kita bersama-sama menyukseskan Pelaksanaan kegiatan PON ke-21 Aceh-Sumut terkususnya dalam hal ini cabor Kurash ini,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi), Mayjen (Purn) A. Hafil Fuddin, SH, SIP, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang telah mendukung dan menyiapkan persiapan pembukaan Cabor Kurash.

“Sehingga pembukaan pada hari ini berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, A.Hafil Fuddin Hafil Fuddin juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh atlet dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut.

“Perlombaan ini, bukan hanya sekedar ajang kompetisi dan kemenangan, tetapi untuk menjalin persatuan dan silaturahmi antara atlet dan official dari seluruh Indonesia,” ucap Hafil Fuddin.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Buka Bimtek Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 

Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga kurash berasal dari wilayah Tatarstan, Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

“Bela diri kurash memiliki kelebihan dari sisi yang mengajarkan kita tentang kedisiplinan, pertahanan dan pengorbanan,” jelasnya.

Disamping itu, Ketua Panitia Kurash sekaligus Kadisparpora Aceh Besar Abdullah S.Sos dalam laporannya, pertandingan Kurash akan dimulai sejak tanggal 11 hingga 14 September 2024 bertempat di Gedung Hall A Sport Center Kota Jantho.

“Jumlah atlet yang ikut cabor Kurash sebanyak 180 atlet dari 20 Provinsi diseluruh Indonesia. Kemudian, ditambah dengan wasit sebanyak 16 orang,” ujarnya.

Turut dihadiri, Ketua Sementara DPRK Aceh Besar, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Ketua umum federasi kurash indonesia, Sekretaris jenderal PB Kurash indonesia, Pj ketua TP-PKK Aceh Besar, Forkopimda Aceh Besar, Asisten Sekdakab, Jajaran OPD, Pelatih, pendamping dan seluruh atlet.(**)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Lauching ILP dan Puskesmas Ramah Anak di Kuta Baro

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Lauching Klinik E-Katalog Lokal

Aceh Besar

Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Hadiri Sertijab Danyonif 117/ Ksatria Yudha

Aceh Besar

Muhammad Iswanto Lakukan Tendangan Perdana Buka Turnamen Sepak Bola HUT ke-10 Lambada FC

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Tinjau Kebun Jagung dan Melon Yonif Raider 112/DJ

Aceh Besar

Pj Bupati Iswanto Paparkan Rangkaian Upaya Penanggulangan Kekurangan Air Bersih Pada Sidang Paripurna DPRK Aceh Besar

Aceh Besar

Wakili Pj Bupati, Asisten I Hadiri Sertijab Camat Kecamatan Lhoknga