Home / Daerah

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:59 WIB

Melalui Roadshow Musikalisasi Puisi, Disbudpar Harap Lahir Seniman Profesional di Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

Peserta tampil di acara Roadshow Musikalisasi Puisi di Lapangan SMK 1,2,3 Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Sabtu 18 Mei 2024.(Foto IST)

Peserta tampil di acara Roadshow Musikalisasi Puisi di Lapangan SMK 1,2,3 Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Sabtu 18 Mei 2024.(Foto IST)

KSINews, Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui Bidang Bahasa dan Seni, menggelar Roadshow Musikalisasi Puisi di Lapangan SMK 1,2,3 Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Sabtu 18 Mei 2024.

Kegiatan ini mengusung tema “Menuju Profesionalisme Sumber Daya Manusia Kesenian” dan menghadirkan kesenian para talenta muda Aceh dari SMKN 2, 3 Banda Aceh, SMAN 9 Banda Aceh, SMAN 1 Banda Aceh, SMAN 5 Banda Aceh, SMAN 1 Darul Imara Banda Aceh, SMAN 1 Montasik dan SMAN 4 Banda Aceh.

Sebelumnya, para peserta dari sekolah tersebut telah mengikuti pelatihan selama tiga hari yang dilaksanakan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Roadshow Musikalisasi Puisi ini dibuka oleh Kadisbudpar Aceh yang diwakili oleh Kasi Pengembangan SDM dan Lembaga Kesenian, Syahrul Arbi, SP MM.

Baca Juga :  Cipta Kondisi Menjelang Ramadhan, Kapolres Ketapang Pimpin Apel Gelar Operasi Keselamatan Kapuas 2023

Kepala Bidang Seni dan Bahas Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengatakan, bagi Disbudpar Aceh, pelatihan tersebut memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya mengajak para generasi milenial untuk lebih mencintai puisi sebagai salah satu bentuk karya sastra yang memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi.

Melalui kegiatan ini, katanya, Disbudpar Aceh berharap masyarakat khususnya generasi milenial, dapat lebih mengenal lagi bentuk karya sastra, khususnya puisi.

“Menuju profesionalisme sumber daya manusia kesenian, kami jadikan tema pelatihan musikalisasi puisi kali ini dengan semangat agar setiap insan seni Aceh terutama kalangan remaja khususnya pelajar terus berkarya, agar semakin terasah skillnya dalam mengembangkan potensi diri di bidang seni. Sehingga dapat berkiprah lebih banyak pada setiap agenda tingkat daerah maupun di event nasional,” kata Nurlaila.

Baca Juga :  74 Tahun Tersimpan, Senjata Sersan TNI Penghancur DI/TII Garut Ditemukan di Bandung

Nurlaila menambahkan, Disbudpar Aceh terus mendorong agar semakin banyak pekerja seni yang disupport dan diberikan ruang untuk belajar aplikatif melalui pelatihan seni yang digagas.

Sehingga, terbuka pengembangan diri dan wawasan dalam beraktivitas di mana nantinya khusus cabang seni sastra dalam hal ini puisi, suatu saat nanti Aceh dapat memiliki penyair handal atau sastrawan besar yang akan mengharumkan daerah keberbagai penjuru.

“Puisi ini merupakan salah satu seni yang dapat menggugah penonton bahkan pegiat itu sendiri, karena lewat puisi kita bisa menyampaikan berbagai rasa, perasaan, pikiran dan imajinasi yang diungkapkan dengan kata kiasan yang indah. Kita berharap pekerja seni di Aceh semakin profesional dalam melahirkan karya, selain kreatif dan orisinil tentunya,” harap Nurlaila.(***)

Share :

Baca Juga

Daerah

Babinsa Koramil 09/Makmur Laksanakan Komunikasi Sosial Dengan Warga Desa Binaan

Daerah

Pemerhati Aceh, Radjasa MBA: Carut Marut Pengusulan Calon Pj Bupati Aceh Tengah

Daerah

Korban Meninggal Dunia Pasca Gempabumi Cianjur : 321 Orang

Daerah

Serda Amiruddin Dampingi Petani Dalam Memanen Padi

Daerah

Kunjungan Kerja Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan ke Perbatasan: Meningkatkan Keamanan dan Pelayanan Keimigrasian

Daerah

Bantuan Pompa Meningkatkan IP dan Produktifitas Pertanian Di Kabupaten Bireuen

Daerah

Pangdam Iskandar Muda Luncurkan Pogram I’M Jagong dan Tanam Perdana Serentak Se Aceh

Daerah

Kapolres Aceh Timur Serahkan Voucher Umrah Kepada Bhabinkamtibmas Polsek Madat dan Warga Idi Rayeuk