Home / Daerah / Hukrim / News / Tni-Polri

Senin, 17 Januari 2022 - 13:44 WIB

Kodam IM Pastikan Proses Hukum Oknum TNI Diduga Bakar Rumah Wartawan Serambi Indonesia

REDAKSI - Penulis Berita

(Foto: Ilustrasi
detikcom)

(Foto: Ilustrasi detikcom)

Aceh – Pelaku pembakaran rumah wartawan harian Serambi Indonesia di Aceh Tenggara, Asnawi Luwi, diduga oknum TNI. Kodam Iskandar Muda bakal mengusut tuntas kasus itu.

Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen Mohamad Hasan mengatakan, polisi militer Kodam (Pomdam) Iskandar Muda saat ini masih menyelidiki keterlibatan oknum TNI dalam kasus pembakaran rumah Asnawi. Penyelidikan dilakukan setelah pihaknya mendapat limpahan kasus dari Polda Aceh.

“Sesuai dengan perintah dari komando atas agar (kasus itu) diusut tuntas,” kata Mohamad dalam keterangan tertulis disampaikan Kapendam IM Kolonel Arh Sudrajat, Senin (17/1/2022).

Mohamad mengatakan, Kodam Iskandar Muda bakal menindak oknum TNI tersebut bila terbukti bersalah. Menurutnya, proses penyelidikan masih berlangsung.

“Jika memang terbukti pada proses penyelidikan oleh Pomdam ada keterlibatan oknum TNI, tentunya akan ada proses hukum lanjutan yang akan dilakukan terhadap pelaku,” ujar Mohamad.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan penyidikan kasus pembakaran rumah yang terjadi pada Juli 2019 itu sebelumnya telah diambil alih Polda Aceh. Ditreskrimum disebut telah melakukan proses penyidikan dan gelar perkara.

“Hasil gelar perkara maka proses penyidikannya sudah dilimpahkan ke Pomdam IM pada tanggal 4 Januari 2022,” kata Winardy kepada wartawan, Senin (10/1).

Winardy menyebut Asnawi telah diberitahu bahwa kasus tersebut telah dilimpahkan ke Pomdam IM. Menurut Winardy, hasil penyidikan polisi diduga pelakunya oknum TNI.

“Berdasarkan hasil penyidikan Ditreskrimum Polda Aceh bahwa ada dugaan yang mengarah ke pelaku adalah oknum anggota TNI,” jelas Winardy.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Sebelumnya, rumah wartawan harian Serambi Indonesia di Aceh Tenggara Asnawi Luwi diduga dibakar orang tak dikenal. Api pertama muncul dari garasi mobil.

“Pemilik rumah saat kejadian tadi malam jam 02.00 WIB masih tertidur. Mereka diteriaki warga sekitar bahwa rumah telah terbakar,” kata Direktur Reserse Kriminal Polda Aceh Kombes Agus Sarjito saat dimintai konfirmasi wartawan.

“Pemilik rumah saat kejadian tadi malam jam 02.00 WIB masih tertidur. Mereka diteriaki warga sekitar bahwa rumah telah terbakar,” kata Direktur Reserse Kriminal Polda Aceh Kombes Agus Sarjito saat dimintai konfirmasi wartawan.**

 

 

 

 

Sumber : detikcom

Share :

Baca Juga

Daerah

Kota Banda Aceh Juara Umum LKS Provinsi Aceh 2021

Tni-Polri

Humas Polri dan SMSI Perkuat Kolaborasi Wujudkan Pemilu Damai

Daerah

PT PIM Perbaiki Kualitas Tanah Petani Di Aceh Utara dan Bireuen dengan Program D’Komposer

Hukrim

Polisi Tangkap dua pelaku Pengedar Narkoba Di Manis Mata Ketapang

Daerah

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu

Daerah

Saluran Air Ambruk di Jalan Desa Keude Blang, Tengah Badan Jalan Rusak

Tni-Polri

Pangdam IM Gelar Silaturahmi dengan Ulama Se-Aceh.

Tni-Polri

Pangdam IM membuka Turnamen Ketangkasan Golf Semarak Kemerdekaan Wilayah Kodam Iskandar Muda tahun 2023.