Home / Daerah / Nasional / News

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:55 WIB

Didampingi Kakanwil NTB, Menkumham Tinjau Pos Imigrasi di Kawasan Mandalika

REDAKSI - Penulis Berita

LOMBOK TENGAH – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly melakukan peninjauan langsung terhadap konter dan pos imigrasi yang terletak di Kuta dan di dalam Sirkuit Mandalika. Yasonna didampingi Kepala Biro (Karo) Umum Setjen Kemenkumham, Anak Agung Gde Krisna, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Haris Sukamto, pada Sabtu (19/03).

Yasonna memulai peninjauan sesampainya di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dengan mengecek kesiapan perangkat imigrasi di Konter Imigrasi Bandara.

Setelah beranjak dari Konter Imigrasi di BIZAM, Yasonna, Agung Krisna dan Haris Sukamto bergerak langsung menuju Pos Imigrasi yang terletak di dalam Sirkuit Mandalika.

Yasonna memastikan pelayanan informasi keimigrasian dan bertanya kepada petugas apa saja fasilitas yang telah diberikan dan sudah berapa hari pelayanan dijalankan.

Menkumham juga mengapresiasi pembangunan Pos Pelayanan Informasi Keimigrasian di Sirkuit Mandalika dan berharap Pos Ini mampu melayani masyarakat dengan baik terutama untuk Warga Negara Asing (WNA) yang membutuhkan Informasi Keimigrasian di Sela-sela perhelatan Moto GP tahun 2022

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Pos Imigrasi yang terletak di Kuta juga tidak luput dari perhatian Yasonna.

Ia sangat antusias melihat kesiapan baik dari petugas serta sarana dan prasarana yang ada disana.

“Saya apresiasi yang tinggi kepada Kepala Kanwil Kemenkumham NTB dan jajaran atas pendirian POS I dan POS II Pelayanan Informasi Keimigrasian di Kuta dan di Sirkuit Mandalika. Semoga Pos Pelayanan Informasi Keimigrasian dapat memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat baik WNI maupun WNA tidak hanya pada event MotoGP ini saja tapi dapat berjalan seterusnya layak sebuah kantor Imigrasi yang terus melayani masyarakat setiap hari kerja,” ujar Yasonna.

Sementara dalam upaya pemeriksaan tamu asing, Kemenkumham NTB khususnya Divisi Keimigrasian telah menyiapakan posko di enam titik, mulai dari pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara hingga area sirkuit Mandalika.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Haris menjelaskan, selain enam posko keimigrasian tersebut, Kemenkumham NTB juga mendirikan dua pos pelayanan informasi keimigrasian di wilayah Pantai Kuta dan Kawasan sirkuit Mandalika.

“Kemenkumham NTB juga turut andil mendukung event MotoGP Mandalika ini dengan membangun posko keimigrasian, khususnya untuk pemeriksaan tamu warga negara asing,” jelas Haris.

Menurut Haris, pos ini berfungsi sebagai pusat pelayanan informasi keimigrasian bagi wisatawan asing dan domestik yang datang ke wilayah Kuta Mandalika untuk menonton perhelatan MotoGP Mandalika.

“Keberadaan pos ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Kemenkumham, khususnya Imigrasi hadir di tengah masyarakat yang menyaksikan MotoGP Mandalika. Selain memberikan pelayanan informasi keimigrasian, petugas juga secara rutin melakukan Patroli Simpatik di seputaran Kuta Mandalika untuk memastikan tidak ada pelanggaran keimigrasian,” ungkap Haris Sukamto. (JK*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Babinsa Koramil 06/Peusangan Bantu Masyarakat Binaan Membuat Rabat Beton

Daerah

Alhamdulillah Kodim 0103/Aut Salurkan Bantuan Tunai ke 15000 Orang Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan

Daerah

Sambut Peringatan Hari Kemerdekaan, Personel Posramil Simpang Mamplam Bersihkan Lapangan Upacara

News

Ditpolairud Polda Aceh Gelar Vaksinasi Di Pelabuhan Ulee Lheue Kecamatan Meraxa

Daerah

Satlantas Polres Bener Meriah Dengan Dampingi Penyandang Disabilitas Saat Pembuatan SIM D

Daerah

Rafian Nurdin Kembali pimpin Gampong Mns Dayah Peusangan

Nasional

Setelah 77 Tahun Indonesia Merdeka, Akhirnya Kita memiliki KUHP Nasional

News

Menyongsong Verifikasi Dewan Pers, DPW IWOI Aceh Adakan Rakor Perdana