Home / Advertorial

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:56 WIB

Pulau Lamun, Pulau Perawan di Aceh Singkil

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh Singkil – Destinasi Wisata Aceh memang tidak ada habisnya untuk di bahas selain menawarkan keindahan Aceh memiliki segudang wisawata yang pantas untuk di kunjungi.

Hamparan pasir yang memutih angin yang sepoi-sepoi mampu menyihir para wisatawan bertahan lama di beberapa destinasi Aceh itu.

Salah satunya yakni Pulau Lamun yang terletak di pulau tropis di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Pulau ini begitu indah banyak tempat snorkeling yang bisa membuat wisatawan betah. Selain itu pulau ini diyakini masih sangat perawan.

Suasana Pulau Lamun di Atas Perahu

Bagaimana tidak banyak hewan laut yang masih mudah ditemukan disana diantaranya seperti bintang laut, kuda laut dan tripang yang masih terlihat jelas dengan mata telanjang, karena di spot snorkeling ini tidak terlalu dalam dengan air lautnya yang bening di tambah pasir halus bewarna putih. Sehingga dasar laut terlihat jika dari atas perahu.

Ada sekitar tujuh spot snorkeling di sekeliling Pulau yang ditandai dengan tegaknya tower salah satu provider jaringan telphone ini. Tentunya karang-karang di lokasi itu indah dengan biota lautnya yang beraneka ragam.

Bintang Laut Memanjakan Mata Saat Snorkeling

Pulau tak berpenghuni ini masuk dalam kawasan Kecamatan Pulau Banyak Barat. Warga mengaku pulau ini masih jarang dijamah oleh para wisatawan, paling hanya nelayan setempat yang melakukan aktivitas seperti memancing ikan.

Air lautnya juga cukup tenang, tidak terlalu bergelombang. Membuat penglihatan dapat menembus kedalaman tujuh sampai 15 meter. Mulai karang  jenis massive, branching dan tubular yang memiliki tekstur tebing dengan bermacam warna hingga karang-karang yang berbentuk otak dan mangkok lebar dapat dilihat dari kedalaman tersebut.

Jika beruntung pengunung bisa melihat pemandangan matahari tenggelam dari bibir pantai tersebut.

Pulau Lamun masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, Potensi bawah laut pulau ini cukup bagus dan tak kalah dengan pulau lainnya.

“Jarang (dikunjungi). Mungkin karena jaraknya yang agak jauh dari Ibukota Kabupaten Aceh Singkil,” ujarnya salah satu warga beberapa waktu lalu.

Untuk sampai masyarakat bisa menyewa perahu yang disediakan tidak lama hanya membutuhkan waktu 30 menit dari bibir pantai lokasi penyeberang.

Namun, transportasi ke Kecamatan Pulau Banyak Barat dari Aceh Singkil belum sepenuhnya selalu ada setiap hari. Minimal, kapal kayu penyebrangan ke tempat ini hanya ada 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Karena jarang dikunjungi  listrik di pulau ini belum tersedia begitu juga dengan tempat penginapan. Jika anda ingin bermalam disarankan untuk menuju  Desa Haloban masih banyak homestay dan penginapan yang bisa anda gunakan untuk beristirahat, dan pengunjung juga bisa berbaur dengan masyrakat disana yang cukup ramah dengan wisatawan.

Kerennya bila anda merasa bosan lokasi wisata lainya masih bisa di kunjungan yang berdekatan dengan pulau tersebut seperti ke pulau tropis lainnya yang berada di Kecamatan Pulau Banyak Barat seperti Pulau Tailana, Rago-rago dan pulau-pulau lainnya yang burukuran kecil dan tak berpenghuni.

Sama  menarik dengan pemandangan bawah laut yang jernih. Apalagi, wisatawan akan dimanjakan dengan deretan pohon kelapa yang berjejer dan hembusan angin yang siap memanjakan mata wisatawan saat berlibur ke sana.

Tidak hanya aktivitas snorkelling, pengunjung juga merasakan sensasi memancing di lokasi tersebut dengan air yang cukup tenang dan melimpahnya ikan-ikan karang yang siap menyambut mata kail pemancing. (ADV)

 

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disbudpar Aceh Gelar Seminar Kajian Kebencanaan, Ini Pesan Almuniza

Advertorial

DPKA Sosialisasi Aplikasi Telusur Arsip

Advertorial

Panitia Mulai Kenalkan Logo dan Maskot MTQ XXXV Tingkat Provinsi Aceh

Advertorial

Perkumpulan Wartawan Online Magelang Raya Rayakan HUT Ke-4 PWOIN

Advertorial

Sekda Kembali Ingatkan Pentingnya Prokes dan Vaksinasi

Advertorial

TRK: Pengadaan Mobil Terhadap Pelayanan Pendidikan Aceh Sudah Sangat Tepat

Advertorial

Malam Ini, Festival Musik Etnik Siap Digelar di Taman Budaya

Advertorial

Pekan Raya Cahaya Aceh Resmi Dibuka, Yuk Intip Kemeriahannya