Home / Daerah

Senin, 5 Desember 2022 - 14:04 WIB

Lantik Forum Kabupaten Jepara Sehat, Edy Supriyanta Harap Angka Kematian Ibu dan Bayi Bisa Ditekan

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Jepara – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta melantik Forum Kabupaten Jepara Sehat (FKJS) periode 2022-2025 di Pendapa Kartini, Senin (5/12/22). FKJS ini diketua oleh Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Dwi Susilowati.

Edy Supriyanta berharap dengan dibentuknya FKJS ini, angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Jepara bisa terus ditekan. Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2021, angka kematian ibu mencapai 19 kasus dan angka kematian bayi mencapai 84 kasus. Sedangkan di tahun 2022 ini, angka kematian ibu mencapai 10 kasus dan angka kematian bayi sebanyak 62 kasus.

Baca Juga :  Kecelakaan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Sumatera Barat 10 Warga Meninggal Dunia

“Selain stunting, angka kematian ibu dan bayi juga masih relatif tinggi. Untuk itu saya berharap keberadaan FKJS ini turut serta bisa menekan kasusnya menjadi lebih kecil di tahun-tahun mendatang,” ujar Edy.

Edy menambahkan kunci mewujudkan Kabupaten Sehat terletak pada dukungan semua pihak. Baik pemerintah, swasta dan masyarakat serta kolaborasi dsn komitmen lintas sektor untuk memenuhi indikator setiap tatanan di sektor masing-masing.

“Untuk itu saya minta forum ini untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan perangkat daerah dan stakeholder terkait, untuk mendorong pemberdayaan masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga dan lingkungan,” jelasnya.

Baca Juga :  Kecelakaan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Sumatera Barat 10 Warga Meninggal Dunia

Dengan komitmen dan kolaborasi ini, maka komitmen untuk meraih Swasti Saba Wistara tahun 2023 nanti, bukan hanya sekedar penghargaan. Akan tetapi sebagai bukti nyata dari meningkatnya perilaku hidup sehat seluruh masyarakat Jepara yang ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sehat dan tertata.

“Prinsipnya Kabupaten Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja. Melainkan tanggungjawab semua instansi, stakeholder dan seluruh masyarakat Jepara. Pengurus FKJS juga harus segera membuat roadmap untuk menjadikan Jepara Sehat,” tandasnya.(Tini)

Editor: Dima/Atin

Share :

Baca Juga

Daerah

Ciptakan Lingkungan Bersih, Babinsa Posramil Peusangan Selatan Bersama Warga Gotong Royong

Daerah

Ps. Danramil Pandrah Berikan Motivasi Kepada Guru Dan Anak-Anak PAUD Gampong Blang

Daerah

Hari Ketiga di Kaltim, Presiden Awali Hari Nikmati Suasana Pagi di Ibu Kota Nusantara

Daerah

Pemerintah Aceh akan Serahkan SK bagi 2.318 Guru yang Lulus PPPK

Daerah

Teut Apam Masuk Kurikulum Sekolah di Pidie, Kadisdik : Lestarikan Makanan Khas Daerah

Daerah

Matador FC berhasil Mengalahkan Almanggi FC dalam Laga Persahabatan, Rizaldi: ini tes mental agar kuat dalam Kompetisi

Daerah

Menkeu : Realisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Januari Capai Rp54,92 Triliun

Daerah

Polda Bali Gelar Jumat Curhat Bersama Lapisan Masyarakat