Home / Aceh Besar / Pemerintah

Kamis, 18 Januari 2024 - 21:58 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Apresiasi Telkom Indonesia Bantu Sumur Suntik untuk Pertanian di Pulo Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyampaikan apresiasi atas dukungan BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk Pertanian di Pulo Aceh.

 

“Kita mengapresiasi BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk Pertanian di Pulo Aceh, yang diserahkan secara resmi, Selasa (16/01/2024) lalu,” kata Iswanto di Kota Jantho, Kamis (18/01/2024).

 

Ia juga mengatakan, elnino telah mempengaruhi beberapa kawasan Pertanian di Kabupaten Aceh Besar seperti Seulimeum dan Kuta Cot Glie, sehingga juga perlu dilakukan langkah-langkah pengendalian untuk meminimalisir dampak.

Baca Juga :  Antisipasi Fenomena El Nino, Kadistan Aceh Besar Ajak Masyarakat Manfaatkan Pompanisasi

“Cuaca ekstrem tidak dapat dielakkan, hanya penting bagi kita untuk melakukan langkah-langkah pengendalian sebagai upaya meminimalisir dampak, khususnya di lahan pertanian yang mengalami keterlambatan masa tanam,” harapnya.

 

Pj Bupati mengharapkan semua pihak dapat mendukung untuk mewujudkan ketahanan pangan, dengan menjaga serta meningkatkan produktivitas areal pertanian. “Artinya semua pihak harus ikut berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kewenangannya, supaya dapat mewujudkan ketahanan pangan dengan menjaga serta meningkatkan produksi usaha pertanian,” ujarnya.

 

Serah terima Bantuan sumur suntik di 4 titik sebanyak 20 unit tersebut diserah langsung oleh Pihak Telkom Indonesia bersama Bank Muamalat, Bappeda Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pulo Aceh, jajaran Forkopincam Pulo Aceh .

Baca Juga :  Antisipasi Fenomena El Nino, Kadistan Aceh Besar Ajak Masyarakat Manfaatkan Pompanisasi

 

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Kelompok tani Gampong Alue Riyeung dan Gampong Rabo, Pulo Aceh dengan total luas lahan persawahan 148 heltare.

“Harapan kami selaku petugas lapangan pertanian , kontribusi dari Telkom Indonesia ini bisa memberi manfaat sebesar besarnya kepada petani Pulo Aceh, Aceh Besar baik dalam musim tanam MT gadu dan rendengan serta untuk kebutuhan air bersih masyarakat setempat” ungkap Afriadi , Koordinator BPP Pulo Aceh.

 

Program yang dikenal dengan CSR ini dapat menambah manfaat yang dapat dirasakan petani untuk mengairi lahan sawahnya.

Hal tersebut dikarenakan usaha tani padi di Kecamatan Pulo Aceh masih pada areal tadah hujan yang masih bergantung pada air hujan, karena belum didukung areal beririgasi. []

Share :

Baca Juga

Nasional

Rakornas PB 2023, ini Tujuh Butir Arahan Presiden

Aceh Besar

Kapolres Aceh Besar Buka Turnamen Bola Volly dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78

Pemerintah

PT Pertamina Turunkan Harga Pertamax

Pemerintah

Diskop UKM Aceh Adakan Bimtek Bagi UMKM Aceh Barat

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Panen Perdana MT Gadu Tahun 2023

Pemerintah

Penghargaan Digital Government Award  2024: Bukti Dedikasi Pemerintah Aceh dalam Inovasi Teknologi

Daerah

34 Napi di Lapas Merauke Terima Remisi Idul Fitri 2022

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Gala Dinner di Meuligo Bupati Nagan Raya