Home / Daerah / News

Selasa, 10 September 2024 - 10:02 WIB

Penilaian Efektivitas dan Penataan Organisasi di Kanwil Kemenkumham Kalbar Bersama Biro Perencanaan

REDAKSI - Penulis Berita

Pontianak, – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Penilaian Efektivitas, Penataan, dan Evaluasi Organisasi, bekerja sama dengan Biro Perencanaan Kemenkumham RI. Bertempat di Aula Kantor Wilayah, acara ini dihadiri masing – masing divisi beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di kota Pontianak dan di ikuti Via Zoom UPT diluar Kota. Pada Senin (09/09).

Dimulai sambuatan ketua panitia Kegiatan, Kepala Bagian Program dan Humas, Uray Aswin Umar dan dilanjutkan sambutan Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Hajrianor, secara resmi membuka kegiatan Penilaian Efektivitas, Penataan, dan Evaluasi Organisasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Dalam sambutannya, Hajrianor menekankan pentingnya reformasi birokrasi yang saat ini menjadi kebijakan pemerintah, termasuk penyederhanaan struktur organisasi dan penyetaraan jabatan.

“Di Kementerian Hukum dan HAM, berbagai upaya reformasi birokrasi telah dilakukan, salah satunya melalui transformasi kelembagaan. Ini mencakup penyederhanaan birokrasi dan penyetaraan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional. Kini, fokus kita adalah mempercepat langkah-langkah tersebut,” ujar Hajrianor.

Baca Juga :  Gelar Workshop SPIP dan Penerapan MR, Kakanwil Kumham Kalbar :Penyelenggaraan SPIP Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Hajrianor juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi dan literasi digital di setiap jajaran. Menurutnya, kemampuan membaca situasi dan keingintahuan yang tinggi menjadi kunci peningkatan kinerja.

“Oleh karena itu, ada uji kompetensi untuk memastikan apakah seseorang berada di posisi yang tepat. Melalui uji ini, kita bisa mengetahui di mana kekurangannya, dan kekurangan tersebut akan diatasi dengan pelatihan. Kompetensi seperti inilah yang harus terus dibangun,” jelasnya.

Dengan demikian, hasil uji kompetensi akan memberikan gambaran yang jelas mengenai penempatan yang tepat dan kebutuhan pengembangan bagi setiap individu.

Dalam kegiatan ini, tim dari Biro Perencanaan yang terdiri dari Sri Mulyati, Mulyawandar, Dwi Yulianti, dan Indra Diki Dewantara memberikan pengarahan awal. Tim menekankan pentingnya evaluasi dan penataan ulang organisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Baca Juga :  Peningkatan Kepatuhan Pelayanan Publik, Tim Ombudsman Kunjungi Polres Ketapang

Peserta kegiatan, baik dari divisi maupun UPT, turut serta dalam wawancara dan pengisian kuesioner yang bertujuan untuk mengumpulkan masukan serta Pandangan sebagai dasar evaluasi untuk penyesuaian organisasi di waktu mendatang.

Diharapkan melalui kegiatan ini, hasil evaluasi akan menghasilkan penyesuaian organisasi dan tata kerja yang lebih optimal sesuai dengan pedoman yang ada. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja di seluruh unit organisasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat semakin ditingkatkan.

Dengan adanya penataan ini, diharapkan pula dapat membawa dampak positif terhadap kinerja dan pelayanan publik di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.[]

Editor: Dedi

Share :

Baca Juga

Daerah

Gelar Budaya Negeri Seribu Bukit, Lestarikan Tarian Saman Aceh Dalam Mensyiarkan Islam

Daerah

Demo Tolak Kenaikan BBM, Polisi Tolak Mundur Aksi Demontrasi Berakibat Ricuh

Daerah

Ditengah Guyuran Hujan, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin Temui Aremania

News

Sekda Abdya Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke- 94

News

UPTD Balai Tekkomdik Gelar Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Daerah

Aktivis lingkungan, Dewan Harus Pansus ke Wilayah Pertambangan Aceh Selatan

Nasional

Bersiap!! Seleksi Kompetensi PPPK Guru Akan Dimulai 13 September 2021

Internasional

Bekerjasama Dengan KSPI dan KSPSI AGN, Mabes Polri Berikan 30 Ribu Vaksin Gratis untuk Buruh