Home / Aceh Besar

Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:09 WIB

Pemkab Aceh Besar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

REDAKSI - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Apel Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Selasa (1/10/2024) pagi.
FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Apel Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Selasa (1/10/2024) pagi. FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, dan diikuti oleh seluruh Pejabat, ASN dan tenaga kontrak di Lingkungan Pemkab Aceh Besar, di lapangan apel Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Selasa (1/10/2024) pagi.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

“Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum untuk mengingat kembali perjuangan para pendiri bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kesatuan negara kita. Mari kita jaga dan implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :  1.000 Warga Telah Kunjungi Stand TTG Aceh Besar di Nagan Raya

Dengan diadakannya upacara ini, Pemkab Aceh Besar berharap dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat, serta meneguhkan semangat kebangsaan di era modern saat ini.

“Semoga semangat Pancasila dapat menjadi pedoman dalam menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Muhammad Iswanto.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Aceh Besar Sofian SH, mengajak generasi muda untuk kembali menggali dan menghayati nilai-nilai Pancasila.

Ia menyoroti pentingnya mengingat kembali jasa para pahlawan, khususnya para pahlawan revolusi yang menjadi korban pengkhianatan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada peristiwa kelam 30 September 1965 di Jakarta.

Baca Juga :  Aceh Besar Raih 2 Juara Posyantek Lomba TTG XXV Tahun 2024

Ia menegaskan bahwa sejarah ini harus selalu dikenang, terutama untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

“Tema peringatan tahun ini adalah ‘Mari Kita Hargai Jasa-Jasa Pahlawan’. Kita juga perlu mengingat pahlawan revolusi yang menjadi korban pengkhianatan yang begitu sadis oleh PKI pada 30 September 1965.

Generasi muda akhir-akhir ini terlihat semakin luntur dalam memahami nilai-nilai Pancasila. Mudah-mudahan melalui momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, mereka bisa kembali menggali dan memahami nilai-nilai luhur Pancasila,” jelas Sofian.

Ia berharap, dengan peringatan tersebut generasi muda dapat lebih menyadari pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman kehidupan berbangsa, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah tantangan zaman.(**)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Pj Ketua Dekranasda Aceh Besar Sambut Kunjungan Ketua PIA Ardhya Garini Lanud SIM di Rumah Malaka Batik

Aceh Besar

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Aceh Besar Gelar Donor Darah

Aceh Besar

Pj Bupati Iswanto Buka Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pertanahan dalam Kabupaten Aceh Besar

Aceh Besar

Asisten I Sekda Aceh Besar Hadiri Lauching KBN di Gampong Cot Yang Kuta Baro

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar fasilitasi Pengurus Asosiasi Galian C dan Sopir Dumtruk 

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Dukung Program Pengabdian Fakultas Kedokteran Hewan USK

Aceh Besar

Pj Bupati Iswanto Ikuti Rakor Dukungan Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024

Aceh Besar

Pj Bupati Iswanto Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Seulawah 2024