Home / Advertorial

Rabu, 15 Maret 2023 - 12:23 WIB

Melihat Indahnya Danau Lut Tawar dari Pantan Terong

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews – Bicara soal Tanah Gayo, Aceh tak hanya melulu soal kopi. Wilayahnya yang berupa dataran tinggi, juga menghadirkan panorama alam yang memanjakan mata. Dibalut dengan kearifan lokal yang masih melekat.

Dataran tinggi tanah Gayo dan Alas menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Bukit barisan, pemandangan alam dan kesejukan wilayah ini menjadi salah satu yang ditawarkan bagi wisatawan.

Seperti di bukit Pantan Terong yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah. Dari atas bukit yang ketinggiannya mencapai 1830 mdpl ini, juga menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona berupa perbukitan, Kota Takengon dan danau terbesar di Aceh yaitu Danau Lut Tawar.

Pantan Terong salah satu wisata alam yang menawarkan pemandangan menawan serta udara yang masih segar tanpa polusi.

Dari bukit ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar berupa perbukitan hijau, perkebunan kopi milik warga dan hamparan danau yang terlihat jelas. Udara yang dingin membuat kesejukan bagi wisatawan yang berkunjung ketempat ini.

Saat berkunjung ketempat ini, di sepanjang jalan menuju Pantan Terong, wisatawan akan disambut dengan udara khas puncak yang dingin. Pemandangan di kiri dan kanan jalan juga akan memanjakan mata wisatawan, sehingga tak merasa bosan dalam berkendara.

Panorama alam berupa perbukitan hijau mendominasi sepanjang perjalanan. Selain kebun kopi, pengunjung juga akan disuguhkan hutan pinus.

Di pinggir jalan, pengunjung bisa menjumpai warung-warung yang bisa digunakan istirahat sejenak sambil menyeruput kopi asli Gayo untuk menghangatkan badan.

Saat tiba di puncak Pantan Terong, wisatawan akan leluasa menikmati keindahan alam yang terpampang jelas dari bukit ini.

Di puncak telah dibangun dua bangunan yang terbentuk seperti balkon raksasa untuk wisatawan yang ingin lebih dekat merasakan keindahan alam. Balkon ini terbuat dari beton dan dilengkapi pagar pembatas, sehingga memberi kenyamanan untuk wisatawan.

Selain menawarkan pesona alam yang memukau Pantan Terong juga berpotensi sebagai tempat wisata yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti paralayang dan paramotor.

Akses Menuju Pantan Terong

Pantan Terong terletak di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Untuk menuju lokasi ini, wisatawan terlebih dulu menuju ke Ibukota Aceh Tengah, Takengon. Setelah itu tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 25 menit dengan jarak tempuh sekitar 10 Kilometer.

Akses menuju Pantan Terong.

Ketika hendak berkunjung, wisatwan tak perlu khawatir karena jalan yang menjadi akses menuju ke tempat wisata ini sudah sangat baik dan mulus. Namun, pengunjung harus tetap berhati hati karena jalan yang menanjak serta dipenuhi dengan tikungan tajam.

Kemudian jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket, karena dinginnya udara yang bisa menusuk hingga ke tulang. Yang pastinya tempat ini sangat cocok untuk menemukan ketenangan dan menyegarkan pikiran.(ADV)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Mengetaskan Kemiskinan di Aceh Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Advertorial

Melalui Aceh Pop Culture Fest, Disbudpar Aceh Sediakan Ruang untuk Pekerja Kreatif

Advertorial

Disnakertrans Jatim Buka Kembali Bursa Kerja

Advertorial

BPKA Terima Penghargaan Aplikasi Srikandi, Diserahkan Langsung Oleh Asisten Adrimitrasi Umum Sekda Aceh

Advertorial

SMF Akan Hadir Kembali, Catat Tanggalnya!

Advertorial

Fuadi Satria Pimpin BPC HIPMI Kota Banda Aceh

Advertorial

Scooterist dari Berbagai Daerah akan Ramaikan Aceh Vespa Festival 2022

Advertorial

Disbudpar Aceh Gelar Pagelaran Seni Budaya Syair