Home / Nasional

Jumat, 9 Desember 2022 - 10:32 WIB

Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi, KPK Buka Puncak Peringatan Hakordia Tahun 2022

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12).

Mengusung tema ‘Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi’, KPK mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadikannya momentum gerakan global untuk mengampanyekan budaya antikorupsi.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, dalam sambutannya menyampaikan, korupsi merupakan fenomena yang memiliki daya rusak luar biasa.

Dampaknya, korupsi dapat menurunkan kualitas hidup, merusak demokrasi, menghambat pembangunan, serta meruntuhkan hukum.

Oleh sebabnya, korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang kini menjadi perhatian dunia.

“Dalam Presidensi Indonesia pada G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) kita telah berkontribusi dalam peningkatan upaya pemberantasan korupsi global melalui berbagai kesepakatan untuk mendukung pemulihan dan kemajuan ekonomi internasional,” kata Ma’ruf.

Baca Juga :  Polri Geledah Kantor PT Pertamina Patra Niaga, Rugikan Negara Rp 451 M

Pada skala nasional, dari semua upaya yang telah dilakukan, Ma’ruf menilai hal ini bukanlah akhir dari perjuangan pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Mari kita jadikan momentum Hakordia untuk terus bersatu dan bahu-membahu membersihkan Indonesia dari virus korupsi agar tujuan bangsa menciptakan masyarakat adil dan makmur dapat terwujud,” pesan Ma’ruf.

Ma’ruf menegaskan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi selalu menjadi prioritas pemerintah, Berbagai upaya dilakukan termasuk dukungan kebijakan dan regulasi.

Salah satunya Perpres No. 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang diterbitkan sebagai wujud sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalam memberantas korupsi.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri melaporkan, rangkaian peringatan Hakordia Tahun 2022 telah dimulai sejak beberapa bulan terakhir.

Diantaranya Road Show Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’ di sembilan kota di wilayah Jawa – Sumatera, Temu Aksi Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangunan Integritas, Festival Integritas Kampus dan Sekolah, Desa Antikorupsi, Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST), dan Integrity Fair di lima wilayah. Serta rangkaian Road to Hakordia di lima provinsi yakni Kalimantan Timur, Bali, Sumatra Utara, Jawa Timur, dan Jawa Barat. “Seluruh kegiatan ini merupakan cara KPK untuk mendekatan diri kepada masyarakat dalam membudayakan sikap antikorupsi,” ujar Firli.

Baca Juga :  KPK Tetapkan 6 Tersangka Suap Lelang Jabatan di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur

Hadir dalam pembukaan Hakordia tahun 2022 para Menteri Koordinator Kabinet Indonesia Maju, Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Kepala Lembaga Negara, para Kepala Daerah, para Direksi BUMN dan BUMD, para Mitra Internasional, Pegiat Antikorupsi, Media, para Pimpinan KPK, Dewan Pengawas KPK, dan segenap pegawai KPK.[]

Editor: Dima/Atin

Share :

Baca Juga

Hukrim

Wujudkan Antikorupsi, KPK Bentuk Direktorat Khusus

Nasional

Ikuti Himbauan Presiden, Kemenkumham Reschedulle Kegiatan Pasca Idul Fitri

Nasional

PLTU Nagan Raya Mengolah Limbah Jadi Batako

Nasional

Bahas RUU Paten, Menkumham Sebut Harapan untuk Perlindungan Kekayaan Intelektual

Nasional

Perkara Impor Garam Naik ke Tahap Penyidikan

Nasional

Berbelasungkawa, Wapres Sebut Dunia Kehilangan Tokoh Perdamaian

Nasional

Menkumham Yasonna Yakin Pengesahan RKUHP Perkuat Hukum Pidana Nasional

Nasional

Pertahankan Kinerja Positif di Tengah Tantangan Industri, SBI Bagi Dividen Rp268,3 M