Home / Daerah

Minggu, 11 Desember 2022 - 11:35 WIB

FPA Minta Semua Pihak Tidak Intervensi Proses Seleksi Dirut Bank Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Aceh – Ketua Forum Pemuda Aceh (FPA), Syarbaini, meminta Otoritas Jasa Keuangan memastikan proses seleksi calon Direktur Bank Aceh berjalan tanpa intervensi politik.

Dia juga meminta Dewan Perwakilan Rakyat Aceh bekerja untuk memastikan proses seleksi ini benar-benar memunculkan sosok tepat untuk memimpin Bank Aceh.

“Selama ini, kami menilai seleksi dan penyaringan calon direktur Bank Aceh tidak transparan. Pejabat di Aceh juga selalu mengabaikan nasib rakyat Aceh dan lebih mengutamakan kepentingan pribadi dalam proses seleksi ini,” kata Syarbaini dalam keterangan tertulis, Minggu (11/12/22).

Baca Juga :  Babinsa Kodim 0320/Dumai Dampingi Petani Panen Jagung di Kelurahan Tanjung Palas

Intervensi berlebihan dalam menentukan direktur bank plat merah milik daerah ini sangat menentukan masa depan bank tersebut. Hal ini menyebabkan Bank Aceh, kata Syarbaini, tidak berkembang dan gagal menjadi alat pengembangan perekonomian Aceh.

Syarbaini menyoroti isu yang menyebutkan bahwa tiga nama yang lulus, dan mendapatkan rekomendasi dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah tinggi perbankan di LPPI.

Calon-calon tersebut, kata Syarbaini, terlalu dipaksakan untuk dapat menjadi pemimpin Bank Aceh. Hal ini, kata dia, bakal merusak tatanan di Bank Aceh yang mulai membaik.

Baca Juga :  Dugaan Perselingkuhan Istri TNI dengan Personel Polri Tidak terbukti, Kedua Belah pihak Sepakat Berdamai

Syarbaini juga menilai keempat komisaris Bank Aceh bertanggung jawab atas persoalan ini. Mereka, kata Syarbaini, adalah pihak yang melakukan menilai kemampuan para kandidat, baik secara administrasi, keilmuan, dan personalitas.

“Kami menyatakan sikap untuk terus mengawal dan memantau proses seleksi Direktur Bank Aceh. Apabila dalam seleksi ini ada kejanggalan, atau ditemukan indikasi intervensi, kami mengajak seluruh kepala daerah di Aceh menolak direktur Bank Aceh terpilih,” kata Syarbaini.

Share :

Baca Juga

Daerah

Budidayakan Tanaman Produktif, Babinsa Koramil 09/Makmur Bersama Masyarakat Desa Binaan Bersihkan Lahan Yang Akan Ditanami Pepaya

Daerah

Teuku Rinaldy AR Minta Forkopimkab Abdya Mengembalikan Tradisi Meugang

Daerah

Polda Aceh dan PT PLN Persero Teken MoU

Daerah

Terobos Pedalaman Aceh Tamiang, Kadisdik Upayakan Pemerataan Mutu Pendidikan

Daerah

Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar Laksanakan Bindalwas Ke Kanim Entikong

Daerah

Babinsa Posramil Peulimbang Gotong Royong Bersihkan Lahan Yang Akan Dijadikan TPU

Daerah

Pertama di Tanah Air, Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Daerah

Bersama Unsur TNI-POLRI, Kodim 0111/Bireuen Laksanakan Gotong Royong Dalam Rangka Sambut Kirab Api Pon XXI