Home / Daerah

Senin, 6 Maret 2023 - 08:34 WIB

Antisipasi Tanah Longsor Susulan, TNI – Polri Di Maja Pasang Tiang Pancuh

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Majalengka – Untuk mengantisipasi Terjadi kembali bencana alam tanah longsor Sinergitas Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar dan Koramil Maja bersama Masyarakat melakukan Kerja Bakti di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Senin (6/3/23).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K. mengatakan sinergi TNI Polri tersebut merupaksn wujud kepedulian Polri dan TNI kepada masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui bencana alam tanah longsor tersebut terjadi pada kemarin hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor dikarenakan Tembok penahan tanah tidak mampu menahan serapan air hujan di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Maja – Majalengka.

Baca Juga :  Antisipasi Meluapnya Sungai Air Besar Aipda Edy Sanfransisco pantau Pos Current Water

“Dalam kejadian tanah longsor tersebut Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,”terang Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi.

Tanah longsor yang mengakibatkan tembok penahan tanah ambruk dengan tinggi 1,8 meter,lebar 7 meter dan panjang 20 meter. Adapun rumah salah satu warga bagian gudang hampir terkena kikisan dari tanah longsor tersebut.

“Biarpun tidak menimbulkan adanya korban jiwa maupun materil akan tetapi apabila terjadi hujan lebat kembali tidak menutup kemungkinan akan terjadi pergeseran tanah kembali dan mengenai bangunan rumah tersebut dikarenakan struktur tanah labil daerah itu,”tandasnya.

Baca Juga :  Humas Polda Jabar Raih Juara 1 Keaktifan Pengiriman Berita Pada SPIN dan MEDIAHUB

Dalam hal ini Kami, Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar bersama Koramil juga masyarakat membuat rekayasa dengan cara memasang tiang pancuh dengan menggunakan Bambu jenis haur sebagai langkah antisipasi longsor susulan,”ujarnya.

Selain itu, Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Pihak Desa untuk Pengajuan Bronjong Ke instansi terkait Pemkab Majalengka.[DIMA]

Editor: DIMA-ATIN

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemerintah Aceh Tanggung Semua Biaya Pemulangan Syarifah dari Malaysia

Daerah

Banjir Rob Yang Terjadi Bersamaan Dengan Gempabumi Talaud M 7.1 Paksa 80 Warga Mengungsi

Daerah

Soal Vaksinasi, Fauzan Azima : Pemimpin Itu Harus Tegas

Daerah

Nelayan di Lhokseumawe Ajukan Permohonan Suntik Mati

Daerah

Babinsa Koramil Peusangan Hadiri Acara Peringatan Hari Damai Aceh

Daerah

Di Balik Panggung Sandiwara Politik Pencitraan

Daerah

Ajak Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil 05/Juli Komsos Bersama Perangkat Desa Bahas Kebersihan

Daerah

Banjir Landa Dua Kecamatan di Gorontalo