Home / Aceh Besar

Jumat, 11 Oktober 2024 - 01:27 WIB

Pj Bupati Iswanto Optimis Produk Kerajinan Aceh Besar Jadi Unggulan Nasional

REDAKSI - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM menyerahkan bingkisan kepada Pj Ketua Dekranasda Aceh Safriati dalam acara Pembinaan dan Penilaian Desa Kerajinan Tahun 2024 di Meunasah Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (10/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM menyerahkan bingkisan kepada Pj Ketua Dekranasda Aceh Safriati dalam acara Pembinaan dan Penilaian Desa Kerajinan Tahun 2024 di Meunasah Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (10/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM optimis jika kerajinan rotan dari Aceh Besar dapat menjadi produk unggulan yang mampu bersaing di even level nasional.

Menurut Iswanto, beberapa produk unggulan dari Sentra Kerajinan Rotan Aceh Besar di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga telah dihadirkan dalam berbagai event sosialisasi dan promosi di level nasional. “Mudah-mudahan, dengan kualitas yang terus ditingkatkan, kerajinan Aceh Besar, khususnya dari tangan pengrajin Gampong Kueh, bisa semakin dikenal dan dihargai di kancah nasional,” ujarnya, saat menghadiri Pembinaan dan Penilaian Desa Kerajinan, di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (10/10/2024).

Pj Bupati Aceh Besar menegaskan komitmennya dalam mendukung sektor kerajinan di Aceh Besar, khususnya di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga. Iswanto mengungkapkan, lebih dari 50 persen masyarakat di Gampong Kueh terlibat dalam kerajinan rotan. Produk ini telah diusulkan untuk dibina dan dinilai pada tingkat Provinsi Aceh.

Baca Juga :  Wakili Pj Bupati, Kadisparpora Aceh Besar Tutup Kongres Peradapan Aceh II

“Kami telah melakukan berbagai upaya pembinaan sejak beberapa tahun terakhir, termasuk mengajukan dukungan kepada kementerian agar pengrajin di Gampong Kueh dan seluruh wilayah Aceh Besar lainnya dapat terus berkembang, dan siap untuk dibina dan dinilai sebagai desa kerajinan tahun 2024,” ucapnya.

Selain itu, Pj Bupati Iswanto mengapresiasi kehadiran Pj Ketua Dekranasda Aceh Ny Safriati Safrizal SSi MSi, yang turut memberikan berbagai masukan terkait pengembangan Sentra Kerajinan di Aceh Besar.

“Kami sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan oleh Ibu Safriati. Kami siap meningkatkan produktivitas para pengrajin rotan yang ada di Aceh Besar khususnya di Gampong Kueh ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sembako Jumat Berkah dari Pj Bupati Aceh Besar untuk Jukir Lambaro

Sementara itu, Pj Ketua Dekranasda Aceh Safriati menyampaikan, Aceh memiliki potensi besar dalam pengembangan kerajinan rotan. “Indonesia merupakan penghasil sekitar 70-80 persen kebutuhan rotan dunia, dan Aceh Besar memiliki peluang besar untuk mengembangkan sektor ini lebih jauh,” katanya.

Ia juga menyinggung tentang perlunya kerja sama lintas sektor untuk melindungi dan melestarikan sumber daya rotan di Aceh Besar. “Pemerintah daerah harus bergerak bersama-sama untuk mendorong UMKM dan meningkatkan produksi unggulan, seperti rotan, agar tetap berkelanjutan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Safriati mengusulkan pembentukan koperasi bagi para pengrajin rotan guna memudahkan akses modal dan meningkatkan kesejahteraan mereka. “Kita perlu membentuk koperasi agar pengrajin lebih mudah mendapatkan modal dan bantuan lainnya, sehingga mereka bisa terus berproduksi,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Buka Perdana Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2025 

Aceh Besar

Jelang HUT ke-79 RI, Pj Bupati Iswanto bersama Forkopimda Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Laksamana Malahayati 

Aceh Besar

Wujudkan Masjid Bersih dan Representatif, Pemkab dan DMI Gelar Penilaian Masjid Kecamatan se-Aceh Besar

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Buka Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar dan ISBI Aceh Tuan Rumah Kongres Peradaban Aceh II

Aceh Besar

Pj Bupati Diwakili Sekda Aceh Besar Ikut Panen Jagung Perdana Program I’M Jagong Kodam Iskandar Muda

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Gelar Apel Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Kunjungin SDN 1 Lhoknga