Home / Pemerintah Aceh

Rabu, 10 Juli 2024 - 17:11 WIB

Mellani Subarni Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si., atas nama PJ Gubernur Aceh melakukan Pengukuhan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh, di Aula Gedung Pelayanan Perputakaan Aceh, Rabu, 10/7/2024

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si., atas nama PJ Gubernur Aceh melakukan Pengukuhan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh, di Aula Gedung Pelayanan Perputakaan Aceh, Rabu, 10/7/2024

BANDA ACEH – Penjabat ( Pj)  Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi, atas nama Penjabat Gubernur Aceh, resmi mengukuhkan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh Tahun 2024,  Rabu, 10 Juli 2024. Acara pengukuhan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan Wilayah di Banda Aceh.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Gubernur Aceh yang dibacakan  Azwardi,  menekankan pentingnya literasi, sebagai kunci utama untuk membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Menurut Mellani, literasi membuka pintu kemajuan, memberdayakan individu untuk kehidupan yang lebih baik, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkaya budaya.

Selain itu juga untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi, sebagai salah satu fokus utama pemerintah, termasuk di Aceh.

Baca Juga :  Pj Gubernur dan Ketua DPRA Dukung Peluncuran Pilkada Aceh

Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia disebut masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun 2023 yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional RI, skor IPLM Indonesia adalah 69,42 dari skala 0-100, menempatkan Indonesia di urutan ke-62 dari 70 negara. Aceh sendiri mencatat skor 66,23, belum masuk dalam 10 besar provinsi dengan nilai IPLM tertinggi.

“Oleh karena itu, masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di Indonesia, khususnya di Aceh,” kata Azwardi.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kukuhkan Tim Pengawas Sistem Jaminan Produk Halal MPU

Azwardi juga mengajak semua pihak untuk mendukung Bunda Literasi Aceh dalam upaya meningkatkan budaya literasi di daerah.

Bunda Literasi jugavdiharapkan memiliki komitmen dan empati yang tinggi serta menjadi panutan bagi generasi muda, terutama generasi milenial di Aceh.

Selain itu, program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNASBAKU) juga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini.

“Diharapkan, dengan sinergi antara berbagai stakeholder pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, budaya literasi di Aceh akan semakin maju dan menyebar hingga ke seluruh kabupaten, kecamatan, dan kelurahan,” sebut Azwardi. []

Share :

Baca Juga

Pemerintah Aceh

Pj Gubernur Safrizal Luncurkan Jersey Atlet Kontingen Aceh PON XXI

Pemerintah Aceh

Penjabat Gubernur Serahkan 3 Unit Rumah Baitul Mal di Aceh Jaya

Pemerintah Aceh

Pj Ketua PKK Aceh Belanja Sajian Dapur di Pasar Tani 

Pemerintah Aceh

Viral, Satu Keluarga Tinggal di Tenda, Pj. Gubernur Safrizal langsung selidiki

Pemerintah Aceh

Pj Gubernur Safrizal Sambut Baik Event IPCE UIN Ar-Raniry

Pemerintah

Sekda: Sinergitas Aceh-Sumut Kunci Sukses PON XXI 2024

Pemerintah Aceh

Pj Gubernur Serahkan Bantuan Becak untuk Operasional Pengobatan Ramadhan 

Pemerintah Aceh

Penjabat Gubernur Tinjau Lahan Pertanian dan Peternakan di Makorem Teuku Umar