Home / Daerah / Pendidikan

Jumat, 19 Juli 2024 - 12:09 WIB

Disdik Aceh Gelar Asesmen Capaian Pembelajaran untuk Evaluasi Kualitas Pendidikan SMA/SMK

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Aceh menyelenggarakan Asesmen Capaian Pembelajaran (ACP) Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk mengukur dan memetakan capaian pembelajaran siswa di tingkat SMA dan SMK.

 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, ST, DEA, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Pelaksanaan ACP dibagi menjadi dua tahap, yakni pada tanggal 17-20 Juli 2024 untuk tahap pertama dan 5-10 Agustus 2024 untuk tahap kedua.

 

Asesmen ini dilakukan secara daring melalui platform suaaceh.com, dan Marthunis menekankan pentingnya peran aktif semua pihak terkait dalam menyukseskan pelaksanaan ACP.

Baca Juga :  Amanda Soemedi Sebut Peran Penting Duta Baca Tularkan Budaya Literasi

 

“Kami mengharapkan dukungan penuh dari semua pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan asesmen ini,” ujarnya. Jumat, 19 Juli 2024.

 

Marthunis berharap dengan adanya asesmen ini, Dinas Pendidikan Aceh dapat memperoleh evaluasi yang komprehensif terhadap capaian pembelajaran siswa di seluruh Aceh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMA dan SMK.

 

Oleh karena itu kata Marthunis, selain ACP selama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) juga akan dilaksanakan asesmen kemampuan literasi dan numerasi siswa baru. Hasil asesmen ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan matrikulasi pada MPLS minggu kedua dan ketiga.

Baca Juga :  Mau Tahu Solusi dari PLN Jika Listrik Hidup Mati dan Arus Naik Turun? Baca Ini

 

“Semoga kegiatan ini mampu menyiapkan siswa baru untuk mengikuti pelajaran dengan baik atau memberikan pondasi yang kuat dalam rangka menyesuaikan dengan lingkungan sekolah,” tambah Marthunis.

 

Terakhir, Marthunis mengingatkan agar tidak ada pihak yang meminta atau memberi sesuatu di luar aturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sejalan dengan komitmen Dinas Pendidikan Aceh untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). **

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Daerah

Polda Aceh Ajak Mantan Kombatan Warnai 4 Desember dengan Kegiatan Positif

Daerah

Lantik Pj Bupati, Mendagri Ingatkan Menjaga Keamanan Daerah

Daerah

Selain Membuka GPDRR 2022, Ini Agenda Presiden di Bali

Daerah

Talk Show Di Gema Ketapang Radio, Ini Penyampaian Kasi Humas Polres Ketapang

Pendidikan

Kemendikbudristek Gandeng Polri Cegah dan Berantas TPP Warisan Budaya Kebendaan

Daerah

Sungai Rokan Kanan Meluap, BPBD Evakuasi Warga Rokan Hulu Riau

Daerah

Pemdaprov Waspadai Penyebaran Polio, Minta Kab/Kota Segera Kirim Sampel AFP

Daerah

Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Koramil 10/Pandrah Bantu Warga Bersihkan Lahan Kebun