Home / Pemerintah

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:01 WIB

Dirjen Imigrasi Silmy Karim Tinjau pelayanan Keimigrasian Bali

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Bali – Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim melakukan peninjauan terhadap pelayanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada Kamis (12/1).

Kedatangan Direktur Jenderal Imigrasi disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Keimigrasian, Barron Ichsan serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

Kegiatan peninjauan tersebut dimulai dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar saat ini dapat mengakomodasi sebanyak 150 pelayanan paspor dan 500 pelayanan Warga Negara Asing (WNA) setiap harinya.

Pada kesempatan tersebut, Silmy Karim mengamati proses Pelayanan Permohonan Paspor dan Perpanjangan Izin Tinggal dari proses antrean, proses wawancara hingga proses foto dan mengamati fasilitas pelayanan yang ada.

Direktur Jenderal Imigrasi juga berkesempatan menyapa para pemohon Paspor dan Perpanjangan Izin Tinggal serta menyambangi ruangan detensi imigrasi yang dijadikan tempat penampungan sementara bagi Orang Asing yang dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian.

Selain melakukan peninjauan, Silmy Karim juga menyempatkan diri untuk memberi arahan kepada Pejabat Struktural pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.
Terdapat 3 hal yang ditekankan, yaitu pertama bagaimana menjadikan Organisasi menjadi lebih hebat, yang kedua adalah peningkatan kinerja anggota dan yang ketiga adalah peningkatan kontribusi kepada negara.

Baca Juga :  Desa Majau Pandeglang Gelar Musrenbang Tahun 2024

“Pelayanan menjadi target nomor 1 ” ucap Silmy Karim. Hal tersebut Sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang mengupayakan pengembangan dan kemudahan pelayanan Keimigrasian baik kepada Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Selain itu, Direktur Jenderal Imigrasi berharap agar petugas di kantor imigrasi dapat bekerja dengan sepenuh hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya” ajak dirjen imigrasi. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi juga meminta dukungan dari seluruh jajaran agar dapat menjalankan tugas-tugas selaku Dirjen Imigrasi dengan optimal. “Sampaikan isu-isu aktual yang ada, dari masukan-masukan tersebut mari kita tingkatkan pelayanan di imigrasi” ujarnya.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Imigrasi melakukan peninjauan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Seperti di Kantor Imigrasi Denpasar, Silmy Karim meninjau ruang pelayanan paspor dan izin tinggal hingga fasilitas layanan ramah HAM.

Dari peninjauannya, Dirjen Imigrasi memberikan Apresiasi terhadap pelayanan yang telah di berikan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. “Ini diluar ekspektasi saya, saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama” harapnya.

Setelah melakukan peninjauan, Silmy Karim memberikan arahan kepada jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Ngurah Rai. “Layanan cepat dan bersih serta dukungan digitalisasi yang kita harapkan kedepan untuk meningkatkan pelayanan imigrasi”, ujar Silmy Karim dalam arahannya.

Selepas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai, Direktur Jenderal Imigrasi kemudian melanjutkan peninjauan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Berbeda dengan Kantor Imigrasi, Silmy Karim meninjau ruang kunjungan deteni dan blok hunian deteni serta berinteraksi dengan para Deteni.

Baca Juga :  Aplikasi JPN Membatu kemudahan Masyarakat

“Pertahankan kelayakannya, kita jaga sisi humanisnya” ucap Silmy dihadapan seluruh jajaran Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Silmy Karim juga mengapresiasi atas upaya Rumah Detensi Imigrasi Denpasar dalam menciptakan inovasi berbasis aplikasi terhadap layanan kunjungan para Deteni.

Kunjungan terakhir bertempat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara I Gusti Ngurah Rai juga didampingi oleh Direktur Operasional Angkasa Pura Pusat dan GM Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim melakukan peninjauan alur pemeriksaan kedatangan mulai dari konter pembayaran visa on arrival hinga ke konter-konter imigrasi. Silmy memastikan tidak ada kendala dalam pelayanan keimigrasian baik kedatangan hingga keberangkatan internasional

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Jenderal Imigrasi yang telah memilih Provinsi Bali sebagai tujuan kunjungan kerja perdananya sekaligus untuk meninjau pelayanan keimigrasian di Wilayah Bali.

Anggiat berharap kunjungan kerja Direktur Jendral Imigrasi ini bisa meningkatkan semangat jajaran imigrasi dalam memberi pelayanan yang prima. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dirjen Imigrasi atas kunjungannya, dengan ini kami berharap bisa menjadi modal dalam meningkatkan pelayanan keimigrasian”, ujar kakanwil.[Netty]

Editor: DIMA-ATIN

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Dengan Baik, Kakanwil Tinjau Lapas Kelas IIA Pontianak

Pemerintah

Kanwil Kemenkumham Kalbar Buka Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Dan BMN Semester II Tahun Anggaran 2022

Pemerintah

Penjabat Gubernur Aceh Harap Kehadiran Guru Besar di IAIN Lhokseumawe Berkontribusi Tingkatkan Pendidikan Aceh

Aceh Besar

Wakili Pj Bupati Iswanto Kadisparpora Aceh Besar Tanam Pohon di Dayah Ulee Titi

Pemerintah

Muhammad Syah Di Lantik PJ Gubernur Aceh Sebagai Dirut Bank Aceh

Pemerintah

Sekjen Kemenkumham: Tahun Baru, Pahami, Maknai, dan Implementasikan Resolusi

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Panen Cabai Bersama Petani Kuta Cot Glie 

Pemerintah

Mendagri Terbitkan Inmendagri 53/2022 terkait Percabutan PPKM