Home / News

Minggu, 23 Oktober 2022 - 19:11 WIB

Polres Abdya Datangi Apotek di Abdya Guna Pencegahan Peredaran Obat Sirup

REDAKSI - Penulis Berita

Sejumlah petugas dari Polres Abdya saat melakukan pengecekan terhadap obat sirup yang di larang edar di beberapa Apotek di Abdya

Sejumlah petugas dari Polres Abdya saat melakukan pengecekan terhadap obat sirup yang di larang edar di beberapa Apotek di Abdya

KSINews – Polres Aceh Barat Daya (Abdya) laksanakan himbauan di toko-toko Depot Obat dan Apoteker yang berada di Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh, dalam rangka Pemeriksaan dan Sosialisasi Peredaran dan Penggunaan Obat Sirup untuk Anak-anak. Sabtu, (22/10/2022).

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, SH, SIK, MH melalui Kabag Ops AKP Basridar menyampaikan, Kegiatan ini menindak lanjuti Himbauan Badan POM Republik Indonesia informasi ke Empat hasil pengawasan BPOM terhadap Sirup Obat yang di duga mengandung Cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang dikeluarkan pada tanggal 20 Oktober 2022.

Dalam kegiatan tersebut masih banyak di temukan Depot Obat, Apotek yang masih memajang di laci obat untuk diperjual belikan, dari pihak petugas langsung memberikan himbauan kepada pihak toko untuk menarik dan tidak mengedar atau menjual kepada masyarakat jenis macam obat sirup yang termasuk dalam larangan edar dari BPOM RI tersebut.

Baca Juga :  Terima Keluhan Dari Petani, Pj Bupati Abdya Lakukan Normalisasi Saluran Untuk Mencegah Luapan dan Banjir

“Petugas melakukan pengawasan dan himbauan pada hari ini sebanyak 9 (sembilan) Depot Obat serta Apoteker di Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh Kabupaten Abdya,” sebutnya.

Selanjutnya dikatakan, Adapun Jenis Obat yang telah ditarik dari peredaran sebanyak 5 (lima) jenis Merk Parasetamol berdasarkan Himbauan Badan BPOM Republik Indonesia.

Hasil pengawasan BPOM terhadap Sirup Obat yang diduga mengandung Cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang dikeluarkan pada tanggal 20 Oktober 2022.

Baca Juga :  Pj Bupati Abdya Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Dayah Pesantren Jabal Nur Jadid

Adapun jenis obat tersebut iyalah, Termorex Sirup (obat demam) Produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, Flurin DMP Sirup (Obat Batuk dan Flu) Produksi PT Yarindo Farmatama dgn Nomor izin edar DTL0332708637A1.

Unibebi Cough Sirup (Obat batuk dan Flu) Produksi Universal Pharmaceutical Industries dgn nomor izin edar DTL7226303037A1, Unibebi Demam Sirup (obat demam) Produksi Universal Pharmaceutical Industries dgn nomor izin edar DBL8726301237A1 dan Unibebi Demam Drops (Obat demam) Produksi Universal Pharmaceutical Industries dgn nomor izin edar DBL1926303336A1. (RED)

Share :

Baca Juga

Daerah

Komunitas Rakan Wartawan Atjeh Menyerahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Aceh Utara

Nasional

Sinergi Kemenkumham-Polri Berhasil Gagalkan Ratusan Penyelundupan Narkoba

Daerah

Menkumham Yasonna H. Laoly Resmikan Gereja Wasiat Mendiang Istri di Sumut

News

Percepat Penanganan Stunting Nasional, Korps Brimob dan BKKBN 

Daerah

Polri Mengungkap Sejumlah Kasus Tindak Pidana yang Dilakukan dari Balik Jeruji Lapas

News

Pemkab Ucap Selamat Kepada Pengurus PWI Aceh Barat yang Dilantik Hari Ini

Internasional

Yasonna Teken Perjanjian Ekstradisi : Koruptor, Bandar Narkoba, dan Donatur Terorisme Tak Bisa Lagi Sembunyi di Singapura

News

Dukung Program MBKM, Pemerintah Aceh Tandatangani MoU dengan Unida