Home / Pemerintah

Selasa, 13 Desember 2022 - 20:48 WIB

Penyerahan DIPA 2023, Asisten III: Tingkatkan Kualitas Belanja Melalui Perencanaan dan Pelaksanaan Anggaran Yang Baik

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Dumai – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Dumai menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 kepada satuan kerja (satker) wilayah kerja KPPN Dumai yang meliputi Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, serta Kabupaten Kepulauan Meranti pada Tahun Anggaran 2023.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Muhammad Syafei, S.Sos, M.Si didampingi Kepala KPPN Dumai, Sukirno kepada para satker penerima di Satker Mitra Kerja KPPN Dumai, di Aula Lancang Kuning KPPN Dumai, Selasa (13/12/2022).

Dalam sambutan mewakili Wali Kota Dumai, Asisten III Setdako Dumai, Muhammad Syafei meminta para Kuasa Pengguna Anggaran Mitra Kerja KPPN Dumai agar bisa menggunakan APBN untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Mohon untuk dikelola secara transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku, efektif dan efisien, berorientasi pada output dan kinerja, serta jangan sampai ada penyalahgunaan yang dapat mengganggu pembangunan daerah,” ucapnya.

Syafie juga menginginkan, para kuasa pengguna anggaran dapat meningkatkan kualitas belanja melalui perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang baik dan berkesinambungan.

“Karenanya, perlu dilakukan reviu belanja dan evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran untuk mendapatkan pendekatan yang tepat,” tuturnya.

Baca Juga :  Aceh Barat Uji Publik Randapil Pemilu Serentak 2024

Dirinya juga mengingatkan, DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023 di Istana Negara, Kamis, 1 Desember 2022, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa APBN 2023 akan difokuskan pada enam kebijakan.

“Pertama, penguatan kualitas SDM. Kedua, akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial. Ini untuk memperbaiki data terpadu kesejahteraan sosial, antara lain melalui registrasi sosial ekonomi. Ketiga, melanjutkan pembangunan infrastruktur prioritas, khususnya infrastruktur pendukung transformasi ekonomi,” ujarnya.

“Keempat, pembangunan infrastruktur untuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, termasuk di dalamnya adalah Ibu Kota Nusantara. Kelima, revitalisasi industri, ini penting yaitu dengan terus mendorong hilirisasi. Keenam, pemantapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi,” terusnya.

Sebelumnya, Kepala KPPN Dumai, Sukirno dalam sambutannya menyampaikan, KPPN Dumai selaku instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan telah menerima DIPA Petikan TA 2023 untuk satuan kerja penerima dana APBN di wilayah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 105 DIPA Petikan dengan nilai pagu Rp1,023 Triliun, dengan rincian:

1. Satker K/L di Kota Dumai sebesar Rp322.395.033.000 (31 DIPA)
2. Satker K/L di Kab. Bengkalis sebesar Rp335.923.448.000 (32 DIPA)
3. Satker K/L di Kab. Rokan Hilir sebesar Rp239.104.264.000 (22 DIPA)
4. Satker K/L di Kab. Kepulauan Meranti sebesar Rp125.712.714.000 (20 DIPA).

Baca Juga :  Tindaklanjuti Pengaduan Masyarakat, Kanwil Kemenkumham Sumut selenggarakan Rapat MPDN Kota Medan

“Adapun, total dana APBN yang disalurkan dalam bentuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa TA 2023 adalah sebesar 6,67 Triliun. Dengan demikian, KPPN Dumai memiliki peran strategis menyalurkan dana APBN di Riau Pesisir (Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Rokan Hilir, dan Kab. Kepulauan Meranti) dengan total anggaran sebesar 7,69 Triliun,” katanya.

Terakhir, Sukirno mengajak para Kuasa Pengguna Anggaran dan siapapun yang berhubungan dengan keuangan negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelola keuangan negara serta menggunakan APBN dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas oleh Para Kuasa Pengguna Anggaran yang hadir sebagai wujud komitmen menjaga integritas dalam pelaksanaan anggaran antara KPPN Dumai dan Seluruh Satuan Kerja.

Selain itu, juga dilaksanakan Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 Lingkup KPPN Dumai dengan menandatangani Banner Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023, Turut hadir Forkopimda Kota Dumai, serta hadirin tamu undangan lainnya.[Yogi]

Editor: DIMA/ATIN

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Wisnu Nugroho Dewanto: Pertahankan Prestasi Opini WTP Kemenkumham

Pemerintah

Dinas Peternakan Aceh Jalin Kerjasama dengan Thailand, Guna Pengembangan Sapi Aceh

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Peringati HUT  Pemadam Kebakaran ke-105

Pemerintah

Jadi Pembicara di TRIPONCAST, Kadiv Yankumham Kalbar Sosialisasikan Kekayaan Intelektual

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Tarek Pukat Bersama Nelayan Gampong Baro 

Pemerintah

Pemerintah Aceh Apresiasi Peran PDHI pada Penanganan PMK

Pemerintah

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Wapres Dorong Pembangunan PLUT KUMKM di Seluruh Daerah

Pemerintah

Produk Ini Harus Bersertifikat Halal di 2024, Kemenag: Ada Sanksi Bagi yang Belum!