Home / Hukrim

Senin, 19 Desember 2022 - 00:11 WIB

Peredaran 73 Kg Ganja Kering Berhasil Digagalkan Tim Ops Polresta Pekanbaru

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Pekanbaru – Tim Ops Polresta Pekanbaru berhasil menggagalkan peredaran 73 Kg ganja kering, dengan menangkap tujuh tersangka.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Senin (19/12/22) mengatakan, pengungkapan berawal pada Senin (5/12/22) lalu. Pihaknya mendapat informasi keberadaan peredaran narkotika di wilayah Air Hitam, Kota Pekanbaru.

Di TKP tersebut petugas berhasil mengamankan tersangka inisial TBS alias Todo dan AH alias Asrul dengan barang bukti berupa narkotika jenis sabu.

Lanjutnya, pengembangan terus dilakukan di kediaman tersangka TBS, Tim kembali mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu beserta satu kilogram narkotika jenis tanaman ganja.

“Dari sini upaya pengembangan terus dilakukan hingga ke sebuah rumah di Jalan Darma Bakti Ujung. Di sana ditemukan 34 bungkus tanaman ganja dalam sebuah box,” kata Pria Budi, Senin (19/12/22).

Baca Juga :  Remaja Otak Pencurian Motor di 50 TKP Berhasil Diringkus Polresta Lampung

Dari hasil interogasi, didapati informasi bahwa puluhan ganja ini diperoleh tersangka AM yang masih dalam pengejaran. Untuk itu, tim pun dibagi ke dalam dua bagian. Satu untuk mengungkap tujuan pengiriman dan satu tim untuk mencari sumber pemasok.

“Lalu kita bagi dua tim, satu ke ke Padang Lawas dan satu tim ke Jakarta. Di sini kita gunakan teknik control delivery dan undercover buy,” paparnya.

Kemudian pada Kamis (8/12/2022). Petugas yang sudah berada di Padang Lawas berhasil mengamankan tersangka inisial SMM di Jalan Lintas Gunung Tua-Padang Sidempuan. Sedangkan petugas yang berada di Jakarta berhasil mengamankan tersangka inisial AR dan ASA serta satu tersangka lainnya inisial R (DPO).

“Di Padang Lawas kemudian petugas melakukan pengembangan ke Deda Huta Padang. Di sana diamankan tersangka inisial AML dan MRN. Dari hasil penggeledahan didapati dua karung goni berisikan 38 paket besar ganja,” paparnya.

Baca Juga :  Remaja Otak Pencurian Motor di 50 TKP Berhasil Diringkus Polresta Lampung

Kata Pria Budi, puluhan kilo ganja ini rencananya akan dikirimkan ke Jakarta. Disinyalir untuk memasok kebutuhan menjelang pesta pergantian tahun.

“Ini akan dikirim ke Jakarta. Kemungkinan besar iya (untuk pesta pergantian tahun). Kan maindset masyarakat untuk bersenang-senang. Dipasok ke Jakarta (mungkin) untuk bersenang-senang juga,” ungkapnya.

“Dengan terungkap kasus ini, petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 73 Kg ganja kering. Serta menangkap 7 tersangka, dan saat ini ada juga yang masih DPO,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat 2 dan atau Pasal 112 Ayat 2 Jo 132 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika.[ YG_*]

Editor: DIMA/ATIN

Share :

Baca Juga

Hukrim

Ketua DPD SKPPHI JATIM Angkat Bicara Terkait 10 Anak Jadi Korban Pelecehan Oleh Oknum Guru Di sumenep

Daerah

Berantas Peredaran Narkoba, Satuan Narkoba Polres Ketapang Ringkus Satu Terduga Pelaku

Hukrim

Polri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Investasi Bodong Alkes, 180 Orang Jadi Korban

Hukrim

Polresta Malang Kota Periksa Istri Wahyu Kenzo, Tersangka Kasus Investasi Robot Trading ATG

Hukrim

Berhasil Ungkap Kasus Pencurian ATM BAS dengan Cepat, Daniel A W Apresiasi Polresta Banda Aceh

Hukrim

Bareskrim Tetapkan Dua Tersangka TPPO ke Myanmar

Hukrim

Tim Gabungan Polda Aceh Berhasil Bekuk DPO Narkoba, 147 Kg Ganja Ikut Diamankan

Hukrim

Polrestabes Palembang Berhasil Bongkar Praktik Impor Ilegal, Sita 4 Harley Bodong