Home / Pemerintah Aceh

Rabu, 10 Mei 2023 - 20:02 WIB

Penjabat Gubernur Tinjau Lahan Pertanian dan Peternakan di Makorem Teuku Umar

REDAKSI - Penulis Berita

MULABOH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, meninjau lahan pertanian dan peternakan milik Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di lokasi Korem Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat, Rabu 10 Mei 2023.

Pada lahan pertanian yang dikelola masyarakat dibantu oleh prajurit TNI AD, Pj Gubernur ikut menanam bawang pada lahan seluas 54 hektare.

 

Di lahan tersebut, di antaranya ditanami jagung, kacang tanah, bawang, pare, gambas, cabai dan padi. Ada juga ternak sapi, bebek dan ikan lele.

 

“Potensi Aceh sangat bagus. Orang bilang tanah rawa susah ditanami tanaman, buktinya ini jadi kok,” kata Achmad Marzuki.

Ia meminta agar Bupati mengajak serta Dandim dan Danrem untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. “Buktikan jika di lahan berawa pun jika digarap dengan baik akan menghasilkan hasil tanaman yang bagus serta berproduksi tinggi,” tutur Pj Gubernur Aceh.

Danrem Teuku Umar, Kolonel Inf. Riyanto, mengatakan apa yang dilakukan Kelompok Tani Teuku Umar di Makorem, merupakan bagian dari program ketahanan pangan terintegrasi. Di mana konsep terintegrasi diterapkan. Mereka membantu pengembangan tanaman dengan pupuk organik hasil kotoran hewan yang dipelihara di sana.

 

“Kotorannya kita olah menjadi pupuk. Dan sapi ini, yang kasihnya pas datang ke sini kaget, sebentar saja sudah gemuk,” kata Riyanto. Di lahan itu, para anggota kelompok tani dibantu prajurit TNI juga menanam pakan ternak seperti rumput dan pohon pisang.

 

Pada saat kunjungan gubernur, beberapa jenis tanaman sudah bisa panen. Achmad Marzuki bahkan ikut memanen cabai dan gambas. “Kerja sama yang baik seperti ini penting,” kata Achmad Marzuki. []

Share :

Baca Juga

Pemerintah Aceh

Dinilai Mampu Realisasikan Program Transisi Paud Menyenangkan, Bunda Paud Aceh Terima Penghargaan Wiyata Dharma Utama Dari Kemendikbudristek RI

News

Pj Sekda Tinjau Langsung Pemasangan stiker PON XXI, pada Mobil Dinas Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh

Safriati Ajak Masyarakat Indonesia ke Masjid Giok

News

Pj Gubernur Aceh kepada Pamong Praja: Tinggalkan Arogansi Tumbuhkan Keihlasan, Kita Ini Pelayan

Pemerintah Aceh

Buka CdM Meeting 2, Pj Gubernur Komit Pelaksanaan PON di Aceh Berkualitas dan Bermartabat 

Pemerintah Aceh

Bertemu Pj Gubernur Safrizal, Bank Indonesia Dorong Penggunaan QRIS dan Pengendalian Inflasi di Aceh

Pemerintah Aceh

Penjabat Gubernur Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Embarkasi Aceh Kloter 1

Pemerintah Aceh

Pj Gubernur Serahkan Bantuan Becak untuk Operasional Pengobatan Ramadhan