Home / Aceh Besar / Pemerintah

Minggu, 24 September 2023 - 12:33 WIB

Pj Bupati Diwakili Sekda Aceh Besar Ikut Panen Jagung Perdana Program I’M Jagong Kodam Iskandar Muda

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Sulaimi MSi menghadiri kegiatan panen jagung perdana program “I’M Jagong” dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang diselenggarakan oleh Kodam Iskandar Muda, di Gampong Bung Simek Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Sabtu (22/09/2023).

Pada kesempatan itu, atas nama Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Sulaimi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pangdam Iskandar Muda yang telah bekerjasama dan berkolaborasi dengan masyarakat untuk menanam jagung. “Atas nama pribadi dan pemerintah saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pangdam IM beserta jajarannya yang telah berkolaborasi dengan para petani serta penyuluh sehingga program I’M Jagong berhasil dijalankan, walaupun ada sedikit mengalami kendala yang diakibatkan musim kemarau ataupun el nino,” ucapnya.

Kemudian Sulaimi menerangkan, ancaman krisis pangan global saat ini menjadi salah satu isu aktual dan hangat diperbincangkan baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Sambut GEMPAR ke-2 Tahun 2023 

“Ketahanan pangan ini tentu harus menjadi perhatian terutama dalam menghadapi isu global tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, program pembinaan ketahanan pangan yang diselenggarakan oleh Pangdam Iskandar Muda merupakan program yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Hal ini tentunya sangat membantu kami pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan serta meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian terutama para generasi muda untuk berkiprah di dunia pertanian,” tuturnya.

Sementara itu, Inspektur Kodam Iskandar Muda (Irdam IM) Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M. menyambutkan, kegiatan panen jagung perdana ini merupakan salah satu program ketahanan pangan yang digagas oleh Kodam Iskandar Muda tahun 2023.

Menurut Brigjen Ayi Supriatna, kegiatan panen jagung perdana ini merupakan salah satu program ketahanan pangan yang digagas oleh Kodam Iskandar Muda tahun 2023.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan panen perdana langsung di 3 lokasi diantaranya Korem 011, Korem 012 dan di Aceh Besar yang dipusatkan Gampong Bueng Simek Kecamatan Kuta Cot Glie,” ujarnya

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Sambut GEMPAR ke-2 Tahun 2023 

Ia berharap, panen perdana pada hari ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal, walaupun tidak sesuai dengan yang kita harapkan. “Tentunya, berbagai kendala sempat didapat, khususnya pada masa musim tanam yang berbarengan dengan musim kemarau ataupun el nino yang melanda Indonesia saat ini,” sebutnya.

 

Ia menambahkan, ke depan program ketahanan pangan dari kodam Iskandar Muda akan terus berlanjut.

“Semoga dengan adanya program ketahanan pangan ini, Provinsi Aceh bisa menjadi tulang punggung pangan Indonesia,” pungkasnya

Turut hadir dalam kegiatan itu, Forkopimda Aceh Besar, PJU Kodam IM, Para Asisten Kasdam IM, Para Kabalakdam IM, Ketua MPU Aceh Besar, Camat Kuta Cot Glie, Penyuluh Pertanian, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Keuchik dan masyarakat setempat. (**)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Pj Bupati Abdya Resmikan Lima BUMDesma Dalam Kabupaten Abdya

Pemerintah

Kanwil Kemenkumham Kalbar Terima Kunjungan Komisi I DPRD Sambas

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Turun Langsung Distribusikan Air Bersih untuk Warga Lhoknga

Daerah

Rakornas Posyandu 2024, Istri Pj Gubernur Aceh Ikut Rapat Perdana di Banten 

Daerah

Disnakermobduk Aceh Finalisasi Rancangan Pergub Aceh,Tentang Perlindungan Tenaga Kerja di Kota Sabang

Pemerintah

Pemerintah Aceh Siap Bersinergi untuk Pemajuan Kebudayaan 

Daerah

Diskominsa Bireuen dan BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Pelatihan UMKM

Pemerintah

Kadis Kominsa Aceh Bersama Staf Silaturrahmi ke Perum LKBN Antara