Home / Tni-Polri

Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:19 WIB

Denpom IM/1 Gelar Pembekalan Provos Satuan dan Tertib Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor serta Pengetahuan Asuransi Jasa Raharja

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe – Kamis, 24 Oktober 2024, Detasemen Polisi Militer Iskandar Muda/1 mengadakan kegiatan pembekalan dan pengetahuan Provos Satuan bagi 73 peserta yang terdiri dari anggota satuan Kodim jajaran Korem 011/LW, Disjan Korem 011/LW, Yonif jajaran Brigif 25/Siwah, Yonarhanud 05/CSBY, Yonkav 11/MSC dan Yonarmed 17/RC yang dilaksanakan di Madenpom IM/1 Lhokseumawe.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Provos Satuan yang profesional dan terwujudnya kesamaan tindakan dalam kegiatan Provos guna mewujudkan kesadaran prajurit akan budaya tertib dan patuh terhadap hukum yang menjadi tugas dan tanggungjawab Provos satuan sebagai Unit Service penegakan hukum di lingkungan Markas, Pangkalan dan Asrama.

Dalam pasal 69 ayat (2) UU No 31 tahun 1997 disebutkan Provos sebagai Penyidik Pembantu, sehingga Provos harus memiliki pengetahuan dan wawasan hukum disetiap tindakan preventif dan represif dalam upaya mencegah maupun penyelesaian pelanggaran personel di satuan.

Baca Juga :  Segerakan Vaksinasi Booster bila Interval Waktu sudah Cukup

Pada kegiatan pembekalan ini perlunya menyajikan materi yang aplikatif seperti praktek lapangan Senam Lalin, pengenalan Gamsus Provos, penyidikan terbatas bagaimana petugas mendatangi TKP.

Komandan Denpom IM/1, Letnan Kolonel Cpm Darwin Nasution, S.H., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat disiplin dan profesionalisme Provos TNI AD di wilayah Korem 011/LW.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain pembekalan provos, acara ini juga menghadirkan kegiatan tambahan berupa pembekalan tertib administrasi pajak kendaraan bermotor oleh Kepala UPTD Samsat Kota Lhokseumawe, Chaidir, S.E, M.M, dan pengetahuan tentang Asuransi Kecelakaan oleh Jasa Raharja Cabang Kota Lhokseumawe

Baca Juga :  Kasdam IM Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI di Blang Padang

Layanan pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan di warung kopi, pasar dan via online melaui aplikasi Signal dan layanan digital lainnya, ada beberapa alternatif bagi masyarakat dalam kemudahan memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan, ucap Kepala Samsat Lhokseumawe.

Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan para Provos satuan dapat berperan dalam upaya mencegah dan menindak setiap pelanggaran hukum, disiplin dan tata tertib yang dilakukan prajurit di satuannya dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tertib administrasi kepemilikan kendaraan bermotor.

Denpom IM/1 terus berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung peningkatan profesionalisme dan kesadaran hukum bagi prajurit di wilayah tugasnya.

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Guna Memberikan Rasa Aman, Satlantas Polres Sukamara Gelar Patroli dan Gatur Lalulintas Malam

Tni-Polri

Ungkap Kasus Perdagangan Satwa, Kapolda Aceh: Wujud Komitmen Kita dalam Menjaga Ekosistem Alam

Tni-Polri

Satlantas Polresta Banda Aceh Pantau Kawasan Troble Spot

Tni-Polri

Dandim 0101/Kota Banda Aceh dan Ketua Persit KCK Cabang XXVII Resmikan Tiga Renovasi Fasilitas Makodim

Tni-Polri

Kasdim 0101 KBA Hadiri Acara Bimtek Se Kota Banda Aceh

Tni-Polri

Miliki Sajam Hendak Tawuran, Empat Remaja Ditangkap Warga

Daerah

Dandim 0102/Pidie Himbau Orang Tua/Wali Murid Dukung Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

Tni-Polri

Polisi Sita Uang Senilai Rp270 Juta Terkait Kasus Ambruknya RS Regional Aceh Tengah